Yuk, Kenalan Dengan Canva

Di Era serba modern ini, tentunya kita sudah kenal dengan sosial media. Teknologi digital ini membuat kita sebagai pengguna internet seakan-akan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari

Teknologi melalui konten visual sebagai penyampaian informasi atau pesan kepada para audience melalui media yang bertujuan sebagai brand awareness. Dan untuk menarik pelanggan, jika kalian belum bisa menggunakan software berkelas seperti Adobe, Corel, Affinity dan kawan kawannya, kalian bisa menggunakan aplikasi Canva.

Di artikel ini saya akan membahas tentang aplikasi Canva yang sedang booming untuk desainer pemula, yuk kita simak…


Apa Itu Canva ?

Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang sangat menarik untuk kita pelajari. Canva juga aplikasi GRATIS, yang artinya bisa kita gunakan untuk mendesain apapun sesuai kemauan kita, disana juga tersedia untuk pilihan fitur-fitur menarik, seperti grafik desain, poster, dokumen, dan konten visual lainnya. Tentunya para pengguna akan jauh lebih mudah dalam mengoprasikannya.

Terutama bagi kalian yang baru memulai bisnis di sosial media, dengan menggunakan aplikasi ini tentunya akan sangat mudah dan efektif.


Fitur Canva

Canva juga memiliki banyak fitur yang menarik lho, mulai dari template, foto, elemen, teks, musik, video dan lainnya

1. Template

Template

Kita mulai dari template, aplikasi ini menyediakan banyak sekali template GRATIS yang bisa digunakan untuk membuat konten visual, seperti banner, logo, poster, brosur, infografis dan lainnya.

2. Foto

Foto

Selain itu kita juga bisa mengaplikasikan foto yang sedang tren di canva, baik untuk foto background, sosial media, logo, color dan lainnya.

Foto-2

Bukan hanya Foto dari Canva, kita juga bisa mengunggah foto sendiri lho, baik lewat perangkat, facebook, instagram, google drive atau dropbox.

3. Elemen

Elemen

Elemen desain adalah satu hal yang terpenting untuk menciptakan dan menghidupkan prinsip desain, elemen ini terbagi menjadi 6 hal yaitu :

  • Bentuk
  • Ruang
  • Warna
  • Teksture
  • Ukuran
  • Garis

4. Teks

Teks

Aplikasi ini juga menyediakan fitur teks dengan banyak font yang tersedia.

5. Musik dan Video

Musik Video

Fitur musik dan video juga ada di aplikasi canva lho, disini kalian bisa menambahkan visual musik atau video. Seperti untuk story instagram atau feed instagram

Cara Menggunakan Canva

Mengoprasikan aplikasi ini mudah kok, banyak juga para Digital Marketing yang menggunakan aplikasi ini untuk sebuah brand awareness.

1. Sign Up / Sign In

Seperti biasa untuk bisa menjelajah di aplikasi ini, kalian harus memiliki akun. Tapi kalian juga bisa Sign Up menggunakan  akun Google, Facebook atau Sosial Media lainnya.

Kalian juga bisa mengganti avatar pada profil kalian seperti, nama, email, kata sandi, profesi dan bahasa.

2. Membuat / Memilih Desain

Kalian bisa membuat atau memilih desain yang sudah disediakan di aplikasi. Kategori desain ini bervariasi, mulai dari social media, t-shirt, invitation, card, website dan lain lain. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengembangkan kreatifitasnya dengan membuat desain sendiri.

Dengan mengunggah gambar atau video pribadi, dan kalian bisa menabahkan efek lain seperti, element, teks, music atau background.


Jadi untuk para desainer terutama pemula, kembangkan kreatifitas dan kemauanmu untuk menjelajahi dunia digital.

Default image
Habily Ar-Ridho
Seseorang yang ingin menjadi Desainer.

Leave a Reply