HTMLHTML Dasar

Tutorial HTML Part 1: Pengenalan HTML

Pengenalan dan Pengertian HTML

Jika anda ingin belajar cara membuat website, maka yang harus dilakukan adalah belajar HTML. HTML merupakan langkah awal untuk memulai serta dasar dari seluruh halaman web yang ada di Internet. Pernahkah kalian membuka web seperti Facebook, Google, Gmail, dll? Itu semua dibuat menggunakan HTML, karena HTML merupakan struktur dari sebuah halaman web. Di pembahasan pertama Tutorial HTML Dasar ini kita akan membahas tentang pengenalan dan pengertian HTML.


Pengenalan HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Disebut hypertext karena didalam HTML sebuah text bisa dijadikan beberapa fungsi lain, contohnya kita bisa membuatnya menjadi sebuah link yang dapat berpindah dari suatu halaman ke halaman lain hanya dengan meng-klik text yang sudah kita jadikan link tadi.

Mengapa disebut Markup Language? Karena HTML menggunakan tanda atau sebagian orang familiar dengan mark, untuk menandai bagian-bagian dari text. Contohnya, text yang berada diantara tanda(mark) tertentu akan menjadi italic(miring), dan text yang berada ditanda yang berbeda akan menjadi tebal. Mark ini biasa dikenal dengan tag HTML.

HTML merupakan bahasa markup yang paling dasar dalam pembuatan web. Kenapa disebut dasar? Karena jika hanya menggunakan HTML, tampilan web yang sudah dibuat akan terlihat biasa-biasa saja. Ada bahasa markup lain yaitu CSS untuk mempercantik/memperbagus tampilan web yang sudah dibuat. Dan ada juga bahasa pemrograman web yang memang ditujukan untuk memanipulasi tag-tag HTML, seperti PHP dan JavaScript. Namun, sebelum anda beranjak ke CSS, PHP, maupun JavaScript. memahami HTML terlebih dahulu merupakan hal yang awal dan tentunya wajib.

Jika anda penasaran bagaimana sebenarnya penampilan/kode HTML, anda bisa klik kanan halaman web ini, lalu pilih View Page Source atau CTRL + U. Nanti akan tampil sebuah halaman baru yang didalamnya terdapat kode HTML dari halaman ini.

melihat kode html di halaman web

HTML bukanlah bahasa pemrograman seperti PHP dan JavaScript, tetapi HTML merupakan bahasa markup, meskipun terlihat aneh, tapi jika anda telah menguasai bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ada struktur yang biasa kita temukan pada bahasa pemrograman seperti pengkondisian IF, perulangan LOOP, Variabel, ataupun Tipe Data. HTML hanya bahasa struktur yang berfungsi untuk menandai (mark) bagian-bagian dari sebuah halaman.


Sejarah HTML

Pertama kali muncul internet berbasis teks, web yang sangat spesifik hanya berisikan teks yang kurang menarik, seperti halnya sebuah file.txt. Dalam mengaksesnya user menggunakan sebuah terminal, itu sangat tidak menyenangkan. Berikut ini adalah perkembangan HTML  dari tahun ke tahun:

  • Tahun 1980 mengembangkan sebuah bahasa pemograman yang dimana teks dan format dokumen dijadikan jadi satu yang sekarang disebut dengan HTML, tetapi saat itu IBM memberikan sebuah nama GML (Generalized Markup Language).
  • Tahun 1986 GML diganti namanya oleh ISO dengan SGML (Standard Generalized Markup Language).
  • Tahun 1989 Caillau Tim dengan Banners Lee Robert yang bekerja di CERN memberi nama HTML, dan mempopulerkanya pertama kali dengan browser Mosaic.
  • Tahun 1990 HTML sangat berkembang sangat cepat hingga mencapai HTML versi 5.0 yang digarap pada 4 Maret 2010 oleh W3C.
  • Tahun 1996 tanggal 14 Januari, HTML versi 2.0 versi ini menjadikan sebuah pioneer dalam perkembangan homepage interaktif.
  • Tahun 1997 tanggal 18 Desember, HTML versi 3.0, sering disebut sebut sebagai HTML+ yang mempunyai penambahan fitur table dalam paragraph, akan tetapi versi ini tidak bertahan lama.
  • Tahun 1996 bulan Mei , dikeluarkan HTML versi 3.2 digunakan oleh pengembang browser yang dapat diterima, dan dikatakan bahwa versi 3.2 ini merupakan versi 3.0 yang dikembangkan oleh beberapa pengembang browser seperti Netscape dan Microsoft.
  • Tahun 1999 tanggal 24 Desember yaitu HTML versi 4.0 sebagai penyempurnaan versi 3.2.
  • Tahun 2010 tanggal 4 Maret, HTML versi 5.0 yang dikembangkan oleh W3C dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0.

Sebenarnya masih banyak lagi, jika anda masih penasaran, silahkan lihat di wikipedia.org.


Versi terbaru HTML yaitu HTML 5

Sampai detik ini, versi terbaru dari HTML adalah HTML 5, yang terdapat sebuah fitur baru, tapi fitur dari versi HTML yang sebelumnya terbawa alias bisa digunakan.

Mungkin sampai sini dulu untuk pembahasan mengenai Pengenalan HTML-nya, karena HTML harus dijalankan pada web browser, maka pada tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi web browser.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close