HTMLHTML Dasar

Tutorial HTML Part 2: Apa Fungsi Web Browser?

Mengenal Fungsi Web Browser

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mempelajari Pengertian HTML, jika anda belum membacanya, anda bisa buka artikel tersebut untuk membacanya. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas apa fungsi dari web browser dan kaitannya oleh HTML.


Pengertian Web Browser

Web browser adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data atau mencari referensi yang dibutuhkan. Dan bisa menerima, menampilkan, dan memberikan informasi dari world wide web. Informasi yang dibuat tersebut, digunakan dalam format HTML. Ada berbagai macam perangkat web browser yang kini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer dan lain sebagainya.

HTML sendiri diatur oleh satu badan standarisasi dunia khusus dalam dunia web yaitu World Wide Web Consoritum (W3C). Pengaturan ini dilakukan karena setiap program pada web browser menerjemahkan dan membaca bahasa HTML tidak sama. Oleh sebab itu dibutuhkan standar untuk menyamakan bahasa tersebut untuk semua browser.

Kode HTML yang sudah dibuat akan diterjemahkan oleh web browser supaya tampil seperti apa yang perancang inginkan. Pada dasarnya semua web browser dapat menampilkan kode HTML dengan sama, tapi jika sudah masuk tentang nge-desain halaman, setiap web browser memiliki beberapa perbedaan.

Beberapa web browser membuat aturannya sendiri. Seperti Internet Explorer (IE). Pada tahun 2000 internet explorer menguasai 90% angka pengguna internet (Wikipedia). Namun Internet Explorer tidak melakukan standarisasi sesuai W3C. Kemunculan beberapa browser lain yang memenuhi standar W3C mebuat Internet Explorer jatuh. Karena tanpa standar tersebut, programmer sulit untuk selalu menyesuaikan dengan permintaan Internet Explorer. Makanya programmer banyak menyelesaikan satu program yang standar yang bisa dipakai banyak browser. Beda standar, membuat Internet Explorer terkesampingkan dan banyak tidak digunakan lagi oleh pengguna internet.

Sehingga pengguna Internet beralih menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox. Tidak lama kemudian Internet Explorer mencoba menerapakan standar sesuai W3C. Tapi walaupun demikian, mereka harus berbagi pasar dengan Mozilla dan Chrome yang sudah mendapatkan tempat di hati pengguna Internet.


Fungsi Web Browser

Fungsi Web browser ketika mempelajari HTML adalah sebagai eksekutor kode yang ditulis. Atau dalam bahasa pemrograman dikenal dengan istilah compiler. Pada tahap pembelajaran disini, anda bisa menggunakan browser yang anda punya. Bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox. Dalam tutorial Belajar HTML Dasar ini saya akan menggunakan Google Chrome. Karena saya sendiri lebih menyukai Google Chrome tapi pasti tidak akan masalah juga jika anda menggunakan Mozilla Firefox untuk belajar HTML, karena fitur antara kedua browser ini hampir sama.

Untuk mempelajari HTML, bukan web browser saja yang kita butuhkan. Ada aplikasi lain yang kita butuhkan untuk mempelajari HTML, yaitu Text Editor. Apa itu Text Editor? Kita akan bahas pada tutorial selanjutnya.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close