Tips Mengaktifkan Akun Google Adsense yang di Banned

Mengaktifkan Akun Google Adsense yang di Banned – Halo sahabat Iltekkomputer, pada artikel kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya sedikit mengenai Google Adsense, jadi waktu itu saya pernah di banned oleh Google dengan alasan Invalid Traffic alias pada saat itu saya terkena bom click. Nah jadi disini saya ingin berbagi pengalaman saya bagaimana cara saya melakukan pengajuan banding ke Google untuk mengembalikan akun Google Adsense saya.

Sebetulnya akun Adsense saya sudah di banned sekitar satu tahun lalu, dan beberapa kali saya mengajukan banding itu di tolak oleh Google, saya mengajukan banding sekitar 5 kali dan semuanya di tolak. Saya sempat ikhlas untuk tidak memikirkan lagi soal Google Adsense dan mulai menggunakan jasa pengiklan lain.

Banned Adsense merupakan mimpi buruk bagi semua blogger yang sudah terhubung ke Adsense. Apalagi jika akun tersebut sudah lama dan sudah ada saldonya. Jadi ketika mendapat email banned dari Google pasti mereka merasa shock/kaget, dan juga lumayan berdampak pada kehidupan sehari-harinya seperti contohnya jadi ga mood untuk membuat artikel ataupun yang lainnya.

Setelah saya tidak memikirkan lagi soal Adsense karena sudah 5 kali pengajuan banding saya di tolak, sekitar 6 bulan kemudian saya menemukan “lagi” artikel soal pengajuan adsense yang membuat saya ingat ke akun Adsense saya. Setelah membaca ternyata ada satu syarat yang mungkin saya lewatkan ketika pengajuan banding. Kira-kira apa itu? Mari langsung saja kita bahas di bawah ini.

Mengaktifkan Akun Google Adsense yang di Banned

Perlu kalian tahu, ketika akun di banned Google menyatakan bahwa akun yang di banned tidak dapat lagi di aktifkan atau ketika anda sudah pernah mengajukan banding lalu di tolak, pengajuan banding selanjutnya tidak di tanggapi lagi oleh Google. Nah hal itu juga yang menjadi saya down dan tidak percaya diri bahwa akun saya bisa di aktifkan lagi. Tapi ketika akun saya berhasil di aktifkan, saya mulai berpikir bahwa Google tidak sejahat itu kepada para publisher nya asalkan memang kita tidak salah dan menyertakan semua bukti ke Tim Google lewat form pengajuan banding.

Jika kalian belum punya Google Adsene dan ingin mendaftarnya, saya sudah membuatkan tutorialnya agar syarat-syart terpenuhi dalam mendaftar. Silahkan klik disini.

Tips Mengajukan Banding ke Google Adsense

1. Jangan Terburu-buru Mengajukan Banding

Ini mungkin salah satu kesalahan saya waktu akun adsense saya di disabled oleh Google. Setelah menerima email bahwa akun saya di banned, saya langsung melakukan banding dan hasilnya? Nihil. Tips untuk anda adalah jangan langsung mengajukan banding ke Google, beri waktu sekitar 3-6 bulan hingga anda submit ke form pengajuan banding Google Adsense. Apa alasannya? Karena anda mempunyai waktu untuk mengetahui dimana salah anda, memperbaiki konten dan mengevaluasi konten anda, serta bisa menyelediki trafik anda dari Google Analytics dan apa yang bakal anda lakukan apabila banding diterima atau sebaliknya.

Dalam kasus saya, seperti yang saya bilang bahwa setelah saya tidak ingin memikirkan Adsense lagi, sekitar 6 bulan akhirnya saya mengajukan banding lagi untuk terakhir kalinya, dan hasilnya di terima. Jangka waktunya juga tidak terlalu lama di balas oleh Google, hanya sekitar 1 minggu.

2. Gunakan Email yang sama pada Akun Adsense

Pada saat pengajuan banding, sebaiknya anda menggunakan email yang terhubung ke akun Adsense anda karena mempermudah Google untuk mengecek kenapa penyebab akun anda di banned sebelum mereka evaluasi atau memberikan keputusan.

3. Menggunakan Bahasa yang Jelas

Pada poin ini penting sekali untuk menggunakan bahasa yang jelas dan jangan bertele-tele atau basa basi. Saya menyarankan untuk menggunakan bahasa Inggris dan jangan defensif. Defensif yang saya maksud disini seperti anda langsung bilang bahwa ini bukan salah saya atau malah langsung menyalahkan Google yang asal banned akun anda. Anda harus menyampaikan poin-poin penting dan sopan.

4. Jujur dalam Menjawab semua Pertanyaan

Anda harus menjawab semua pertanyaan dengan jujur, jangan menjawab pertanyaan yang anda buat-buat sendiri atau anda karang. Karena Google tahu penyebab akun anda di banned. Selain itu karena yang memeriksa pengajuan banding anda adalah manusia bukan bot. Jadi jika dirasa tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya atau dibuat-buat, jangan harap akun anda bisa di aktifkan kembali.

5. Berikan Bukti yang Kuat dari Log Server atau Google Analytics

Nah ini merupakan poin yang terpenting dan merupakan keputusan Google untuk memberi keputusan, jika bukti anda benar dan kuat, maka besar kemungkinan bahwa akun anda akan di aktifkan kembali.

Pada kasus saya, pengajuan banding saya yang 5x di tolak saya akui memang saya kurang memperhatikan hal ini, saya tidak cukup kuat membawa bukti bahwa saya tidak bersalah. Tapi di pengajuan banding terakhir, saya mengumpulkan semua bukti dari Google Analytics dengan screenshot traffic saya pada tahun dan tanggal saat Adsense saya di banned.

Saya screenshot sebanyak-banyak nya yang menurut saya ini penting untuk menunjukkan ke Google bahwa saya selama ini bermain bersih dan tidak melakukan klik iklan sendiri.

Dari situ, barulah akun Adsense saya bisa di aktifkan kembali. Berikut ini adalah email dari Google yang menyatakan bahwa pengajuan banding saya di terima dan akun diaktifkan kembali.

email akun adsense diaktifkan


Nah jadi itulah tips serta pengalaman saya dalam melakukan banding ke Google Adsense. Anda juga harus sabar saat terjadi hal seperti itu, karena saya sendiri di banned sudah cukup lama dari tahun 2019an.

Intinya yang perlu kalian tahu bahwa Google tidak sejahat itu kepada publishernya, kita tidak akan di banned asal-asalan kalau kita tidak salah, walaupun kita di bom click oleh orang lain, mungkin Google akan tetap menyalahkan kita seolah kita yang klik iklan sendiri, karena memang itu semua tanggung jawab kita sebagai pemilik web dan juga Google tidak mau merugikan pihak pengiklan yang sudah mempercayainya.

Semoga untuk orang-orang iseng atau jahil yang suka spam klik ke website/blog orang apalagi dengan cara keji menggunakan script (bot) segera tobat dan mendapatkan hidayah.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply