Tips Belajar Web Programming Secara Efektif

Tips Belajar Web Programming – Halo sahabat Iltekkomputer, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana Tips Belajar Web Programming Secara Efektif. Untuk belajar web programming sendiri sangat banyak jalannya dan dalam proses belajar, setiap orang berbeda-beda cara belajarnya. Tapi, harus kita pahami dalam mempelajari programming tidak akan ada jalan pintas (instan). Artinya, kita akan membutuhkan waktu.

Untuk belajar web programming kita harus tau, darimana kita akan mulai. Karena jika kita salah, tentu akan merepotkan kedepannya. Tapi walaupun begitu, sebetulnya setiap orang bebas memilih cara mana dulu yang menurut mereka nyaman dan suka. Tapi rata-rata untuk mempelajari web programming, akan ada urutan bahasa yang bagus dan efektif untuk anda mengerti.

Tips Belajar Web Programming

Sekali lagi saya ingatkan bahwa walaupun saya mengurutkan bahasa di bawah ini, anda bebas memilih ingin belajar yang mana terlebih dahulu. Tapi kalau anda bingung, saya sangat menyarankan anda untuk mempelajari bahasa di bawah ini secara urut, agar proses belajar kalian efektif. Berikut adalah bahasanya:

1. HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Languange merupakan bahasa web atau markup internet yang berasal dari kombinasi antara text dan informasi berupa simbol atau kode yang akan dimasukan kedalam suatu file guna membuat suatu halaman situs. Secara singkat mengenal HTML adalah bahasa markup internet yang beguna untuk membuat suatu website.

HTML inti dari web programming, karena semua halaman web yang ada di internet pasti di buat dengan HTML. Maka disini saya sangat menyarankan anda untuk mempelajari HTML terlebih dahulu sebelum mempelajari yang lain karena HTML merupakan bahasa yang penting dan inti dari seluruh halaman web yang ada di internet.

2. CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet yang berfungsi untuk mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup (HTML). Fungsi lain dari CSS yaitu untuk memisahkan konten dari tampilan visual dalam sebuah website. Dengan mempelajari CSS maka kita akan memiliki dasar dalam membuat desain website, sehingga dengan mempelajari CSS kita bisa membuat tampilan desain website menjadi indah dan menarik sesuai dengan keinginan kita.

Setelah mempelajari CSS, anda juga bisa mempelajari framework CSS nya seperti salah satu framework CSS yang populer yaitu Bootstrap.

3. Javascript

Javascript adalah bahasa pemrograman script yang cara kerjanya hanya memerlukan interpreter sehingga tidak membutuhkan compiler untuk menjalankannya. Pada bahasa pemrograman Javascript, tidak terdapat proses kompilasi terlebih dahulu agar programnya jalankan. Selain itu, aplikasi yang dibutuhkan adalah web browser dan text editor saja. Fitur-fitur yang dimiliki Javascript yaitu berorientasi objek, client-side, high-level programming, dan loosely tiped.

JavaScript bisa dipelajari dengan cepat dan mudah serta digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan fungsionalitas website. Seperti untuk membuat animasi pada web maka dibutuhkan JavaScript sehingga dengan Javascript halaman web menjadi interaktif, membuat animasi serta game online.

Setelah mempelajari Javascript, anda juga bisa mempelajari frameworknya dan librarynya seperti ReactJS, Angular, VueJS, JQuery, dan lainnya.

4. PHP

Bahasa pemrograman PHP biasanya tidak digunakan pada keseluruhan pengembangan website, melainkan dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lain. Misalnya saja untuk mengatur tampilan, layout, dan berbagai macam menu menggunakan CSS.

PHP digunakan untuk membuat program pada sebuah website mulai dari mengatur koneksi dengan database, membuat logika pemprograman, serta memproses form ke server, mengapa kita mempelajari PHP? Karena PHP sampai saat ini masih menjadi bahasa pemrograman web programing yang paling populer dan paling banyak digunakan sampai saat ini. Walaupun sekarang javascript sudah bisa seperti PHP yang menjalankan Back-end seperti NodeJS. Tapi saya rasa PHP masih layak untuk di pelajari.

Setelah mempelajari PHP Native, anda juga bisa mempelajari framework PHP seperti Laravel dan CodeIgniter yang merupakan framework paling populer pada PHP.

Apa itu Framework?

Nah, diatas kan beberapa saya sebutkan anda bisa mempelajari framework dari bahasa CSS, Javascript, serta PHP. Tapi, apasih framework itu? Silahkan simak di bawah.

Framework adalah sebuah kerangka program yang digunakan untuk membantu developer untuk mengembangkan kode secara konsisten. Dengan adanya framework, developer bisa mengurangi jumlah bug pada aplikasi yang dibuat. Karena, function dan variabel yang sudah tersedia di dalam komponen framework sehingga kita tidak perlu lagi cape-cape membuat dan mendefinisikan sebuah variabel dan function.

Front-end Developer

Untuk kalian yang suka berhubungan dengan desain dan kreatif. Saya menyarankan anda untuk mempelajari Front-end Developer terlebih dahulu. Karena Front-end Developer selalu berfokus pada desain website atau client-side (sisi klien) atau yang bekerja di depan layar. Anda bisa mempelajari dari HTML -> CSS -> Javascript.

Dengan begitu, anda bisa membuat desain website yang sempurna dan interaktif dengan sedikit sentuhan animasi.

Back-end Developer

Nah, sedangkan untuk kalian yang suka berhubungan dengan logic. Saya menyarankan anda untuk mempelajari Back-end Developer. Karena Back-end Developer akan berfokus pada logic kode program di website dan berada pada server side (sisi server) yang bekerja di belakang layar. Anda bisa mempelajari HTML -> PHP.

Dengan begitu anda bisa membuat website yang dinamis yang bisa melakukan update langsung dari website ke server tanpa perlu mengubah kode atau kodingan dari website.


Jadi itulah tips serta roadmap untuk belajar web programming. Jika anda konsisten, saya yakin anda akan cepat dan mudah untuk memahami nya. Karena salah satu yang terpenting dalam belajar programming adalah konsisten dan disiplin.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply