Tips Belajar Pemrograman Dasar Untuk Pemula Secara Otodidak

Banyak cara bisa dilakukan untuk belajar pemrograman dasar bagi pemula baik dengan menempuh pendidikan resmi atau secara otodidak. Jika belajar dengan jalur pendidikan misalnya kursus atau mengambil jurusan pemrograman tentu pasti ilmunya. Namun bagi Anda yang ingin belajar sendiri jangan khawatir karena sekarang lebih dimudahkan.

Perlu diketahui pemrograman secara garis besar adalah membuat sebuah program komputer untuk tujuan memudahkan. Misalnya membuat program akuntansi agar lebih mudah saat transaksi sampai membuat laporannya. Serta masih banyak program-program lainnya yang bisa dibuat sendiri dan siapapun bisa mempelajarinya bahkan dengan cara otodidak.

Tahukah Anda belajar pemrograman secara otodidak terutama bagi pemula sekarang ini semakin dimudahkan. Banyak sumber media untuk proses belajar membuat program yang sangat mudah dan cepat aksesnya. Namun penting diingat berbagai kemudahan ini tidak menentukan kesuksesan menguasai materinya karena semua kembali ke Anda sendiri.

Tips Khusus untuk Pemula Jika Belajar Pemrograman Secara Otodidak

Sebenarnya belajar pemrograman dasar sangat sederhana dan mudah untuk dipelajari dengan cara otodidak sekalipun. Kunci utamanya adalah semangat dan niat untuk mau mempelajari dengan perlahan karena ilmu tidak bisa instan. Maka untuk membantu gunakan saja beberapa tips agar belajar tentang pemrograman jauh lebih maksimal.

  • Tentukan bahasa pemrograman yang ingin di pelajari
    Banyaknya bahasa pemrograman yang tersedia di internet tentu tidak semua bisa dipelajari secara bersamaan. Anda bisa menentukan satu terlebih dahulu mana yang akan dipelajari dan sesuaikan dengan kemampuan sendiri. Pelajari sampai benar-benar bisa kemudian naik setingkat untuk mempelajari bahasa pemrograman sampai mengusai banyak.
  • Gunakan berbagai sumber untuk belajar (tutorial)
    Sekarang ini mencari sumber untuk bahan belajar tentang program sudah banyak dan mudah ditemukan di internet. Namun pastikan Anda menggunakan sumber yang tepat serta tersusun rapi dan jelas bagaimana tutorialnya. Jangan mengambil sumber secara acak atau belajar dengan asal karena akan membuat bingung sendiri.
  • Buatlah jadwal teratur setiap harinya
    Perlu diketahui kalau belajar pemrograman dasar memang tidak bisa instan jadi buatlah jadwal teratur. Mempelajari hal-hal baru apalagi otodidak butuh ketlatenan serta kedisiplinan sehingga dibutuhkan jadwal rutin. Sediakan waktu khusus 1 – 2 jam setiap harinya untuk khusus mempelajari pemrograman sehingga bisa benar-benar fokus.
  • Perbanyak praktek langsung
    Cara terbaik mempelajari pemrograman bukan dengan membaca banyak modul, terus melihat tutorial ataupun menghafal saja. Perbanyak praktek langsung dari teori yang sudah dipelajari kemudian diterapkan secara perlahan dengan praktek. Bingung atau melakukan kesalahan adalah hal wajar namun dengan praktek membuat Anda lebih cepat memahami.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Pemula Saat Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman dasar ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh pemula seperti jangan lakukan copy paste. Kalau copy paste hanya akan terpaku pada modul dan tutorial saja namun tidak bisa berkembang. Hal ini sangat merugikan karena apa yang dipelajari seharusnya bisa dikembangkan lebih dari tutorialnya.

Hindari juga menyerah saat mengalami kendala atau melakukan kesalahan selama mempelajari tentang membuat program. Cobalah untuk memperbaiki kesalahan sendiri dan mencoba mencari solusi membuat ilmunya lebih melekat di otak. Mengotak atik alogaritma untuk membuat program memang tidak mudah namun belajar dari kesalahan merupakan cara terbaik.

Kemajuan teknologi membuat berbagai hal semakin mudah dilakukan termasuk dalam mempelajari tentang pemrograman. Anda bisa mempelajari sendiri secara otodidak dengan memanfaatkan sumber-sumber di internet atau berbagai modul lainnya. Belajar pemrograman dasar bukan sekedar menghafal namun gunakan tips serta terus semangat agar lebih maksimal hasilnya.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply