Tanda Jika Perusahaan Anda Butuh Software KPI

Key Performance Indicator atau yang lebih dikenal sebagai KPI adalah salah satu metode dan alat untuk mengukur kinerja. Semakin besar perkembangan perusahaan, semakin luas juga aspek kinerja yang harus diukur. Kadang kala hal ini menyulitkan pihak HRD. oleh karenanya, banyak perusahaan yang beralih menggunakan Software KPI dari metode konvensional.

Software KPI adalah sebuah perangkat lunak yang mampu memproses, menyimpan, dan mengolah data parameter kinerja menjadi sebuah laporan yang dapat dianalisis secara komprehensif. Penggunaan software dinilai lebih efektif dibandingkan cara manual. Sebab, cara manual melibatkan dokumen.

Lalu, apa tandanya bahwa perusahaan Anda butuh Software KPI? Mari ikuti pembahasan artikel di bawah ini!

Pengelolaan Kinerja Tidak Terukur

Pengelolaan kinerja memerlukan pengukuran yang tepat. Sebab, tidak selalu pengelolaan berjalan lancar dan sesuai tujuan perusahaan. Maka dari itulah perusahaan selalu rutin melakukan pengukuran kinerja melalui KPI. Namun, implementasi KPI secara manual tidak praktis dan efisien.

Sering menentukan target kinerja tetapi sulit mengukur kinerja karyawan? Bisa-bisa pengelolaan kinerja di perusahaan Anda bisa jadi tidak terukur. Jika sudah sulit diukur, bagaimana bisa Anda menyusun peningkatan kinerja?

Sulit Menentukan Target Kerja

Selain sulit untuk mengukur kinerja, indikasi lain bahwa perusahaan Anda butuh Software KPI adalah sulit menentukan target kerja. Kesulitan menentukan target kerja biasanya adalah imbas dari sulitnya pengukuran kinerja. Bila perusahaan Anda sulit untuk menentukan target kerja, maka adalah hal yang mustahil jika perusahaan Anda juga sulit berkembang.

Kinerja Stagnan

Suatu perusahaan dapat dikatakan berkembang jika mengalami peningkatan, baik dari segi pencapaian kinerja dan produktivitas. Namun, jika kinerja perusahaan Anda stagnan atau berada di situ-situ saja, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan implementasi software pengukuran KPI

Software KPI akan menunjukkan data dan informasi real time mengenai kondisi kinerja perusahaan terkini. Dari data dan informasi tersebut, Anda bisa memahami bagaimana kekurangan dan kendala dari kinerja perusahaan. Sehingga perusahaan Anda bisa mengatur strategi yang lebih ampuh untuk mengatasi kekurangan dan kendala demi peningkatan kinerja.

Penyusunan Laporan Kinerja Berantakan

Laporan kinerja berfungsi untuk menyajikan informasi hasil kinerja selama beberapa periode. Pada praktiknya, tidak selalu penyusunan laporan kinerja berjalan mulus. Banyak perusahaan yang sulit menyusun laporan KPI. Umumnya kesulitan ini lantaran banyaknya data dan informasi yang harus disajikan dalam laporan.

Apakah perusahaan Anda mengalami salah satunya pertanda di atas? Maka ada baiknya jika perusahaan Anda mulai menggunakan Software KPI. Tidak semua perusahaan mampu membangun sistem software mengandalkan sumber daya internal. Perusahaan Anda dapat mengandalkan vendor penyedia Software KPI yang terpercaya.

Salah satunya adalah LinovHR. Banyak perusahaan dari berbagai sektor industri mempercayai LinovHR karena keamanan sistem dan jaminan kerahasiaan data karyawan.

Itulah beberapa pertanda bahwa perusahaan Anda butuh Software KPI. Semoga informasi di atas dapat membantu!

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply