Software Alternatif Bagi Para Desainer

Software Alternatif Bagi Para Desainer – Halo sobat iltekkomputer, bagi para desainer pasti sudah kenal dengan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator atau Adobe InDesign dan lainnya. Aplikasi ini sering digunakan oleh para desainer, karna aplikasi ini memberikan fitur-fitur menarik dan mudah untuk dipahami. Tapi produk ini dibendrol dengan harga yang cukup fantastis bahkan sampai jutaan.

Nah tapi tenang dulu sobat, salah satu aplikasi yang menyerupai Adobe adalah Affinity. Mau tau lebih lengkap apa saja isi dari Software satu ini?? Langsung aja kita simak penjelasannya….


Pengenalan Affinity

Affinity
Software Affinity

Dari sumber Wikipedia, Affinity adalah editor grafik yang dikembangkan oleh Serif untuk macOS, iOS, dan Microsoft Windows. Software ini adalah alternatif dari Adobe Photoshop & Adobe Illustrator.

Aplikasi ini juga kompatibel dengan format file grafik yang pada umumnya, termasuk Adobe Photoshop (PSD), Adobe Illustrator (AI), Scalable Vector Graphics (SVG), Portable Document Format (PDF), Encapsulated PostScript (EPS). Dan aplikasi ini juga bisa mengimpor data dari Adobe.

Selain itu untuk penggunaan aplikasi ini juga sudah tersedia di MAC dan Windows.


Penggunaan Affinity

Kalau sobat sebelumnya pernah menggunakan salah satunya software Adobe Photoshop,  aplikasi ini memiliki interface yang serupa dengan Adobe mulai dari Menu Bar, Options Bar, Tools Panel, dan Docked Panels, jadi cukup mudah untuk langsung bisa terjun ke software Affinity. Oh iya, Affinity memiliki 3 varian yaitu Affinity Designer, Affinity Photo dan Affinity Publisher.

Affinity Varian
Software Varian Affinity

Setiap varian memiliki fungsi masing-masing yaitu :

  • Affinity Photo adalah software yang digunakan untuk mengedit foto sama seperti Adobe Photoshop.
  • Affinity Designer adalah software yang sama seperti Adobe Illustrator untuk membuat Illustrasi, Mockup, Branding, Icon dan lainnya.
  • Sedangkan Affinity Publisher, sama penggunaannya seperti Adobe InDesign.

Apa Harus Beralih Ke Affinity ?

Hmm… untuk itu tergantung dari kemauan kalian ya sobat, jika mau mencoba software ini, kalian bisa menggunakan Trial-nya untuk beradaptasi dulu dengan aplikasi ini. Dan aplikasi ini juga cukup menjanjikan bagi para desainer lhoo… Kenapa??

Pertama aplikasi ini dibendrol dengan harga murah dan hanya sekali pebayaran beserta gratis update juga lhoo yang berarti tidak ada bayaran lagi untuk kedepannya.. wow banget kan??. Dan aplikasi ini juga hampir serupa dengan software Adobe, meski ada kelebihan dan kekurangannya.

Aplikasi ini sangat rekomend banget buat kalian yang mau belajar banyak soal dunia desain.

 

 

 

Default image
Habily Ar-Ridho
Seseorang yang ingin menjadi Desainer.

Leave a Reply