Situs Belajar Coding Terbaik dan Berbagai Keunggulannya

Belajar pemrograman memang bukanlah hal yang mudah, tapi dengan memanfaatkan beberapa Situs Belajar Coding Terbaik, Anda akan mendapat banyak sekali keuntungan yang sangat membantu. Sekumpulan kode program tidak akan menjadi terlalu sulit dan rumit setelah Anda memahami berbagai hal dari situs-situs tersebut.

Coding pada intinya adalah mentranslasikan logika menjadi bahasa pemrograman Komputer. dengan demikian, seorang programmer menggunakan bahasa pemrograman untuk mengolah berbagai kode program. Kode program tersebut memberi instruksi tertentu kepada Komputer. Ada banyak sekali bahasa pemrograman seperti PHP, Phyton, C, Javascript, dan lainnya.

Mempelajari bahasa pemrograman dapat memberi banyak manfaat. Mendengar nama Facebook, Gojek, dan bahkan Google tentunya tidak asing di telinga Anda. Semua itu terwujud berkat keahlian para programmer. Dan banyak sekali pekerjaan yang membuka kesempatan untuk seorang programmer yang bisa Anda coba.

Beberapa Situs Belajar Coding Terbaik

Ada banyak cara untuk menjadi seorang programmer handal. Tentunya modal utamanya adalah kesungguhan dan juga usaha. Namun untuk menunjang usaha-usaha Anda tersebut, maka diperlukan sebuah sumber belajar yang baik dan lengkap. Selain dari buku, ada beberapa situs yang dapat Anda manfaatkan.

  • CodeCademy
    Ini adalah situs yang sangat populer. Sangat cocok bagi seseorang yang ingin mempelajari dunia coding dari nol sampai menjadi seorang ahli. Anda bisa mempelajari seputar CSS, HTML, Javascript, Phyton, dan lainnya. Dalam website ini juga terdapat glosarium pemrograman dan juga forum diskusi yang akan membantu jika Anda mengalami kesulitan.
  • W3School
    Dalam website ini terdapat fitur compiler online sehingga kode program yang sudah Anda tulis dapat dikompilasi dan muncul hasilnya. Jika Anda ingin belajar dengan metode praktik, maka situs ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Menariknya lagi, ada contoh kode program untuk setiap bahasa pemrograman sehingga Anda bisa lebih memahami secara mendalam.
  • FreeCodeCamp
    Dalam website ini tersedia banyak sertifikat, proyek, dan koneksi antar programmer. Ini adalah situs yang open source untuk komunitas. Saat ini, situs FreeCodeCamp masih berkembang dan terdapat pembelajaran yang terpisah antara Visualisasi data, Front-end, Back-end, dan bagian dalam coding lainnya.
  • Codewars
    Tidak jauh dari namanya, situs ini memiliki metode pembelajaran yang cukup unik. Akan ada beberapa level yang memandu Anda dalam situs ini. Tantangan coding akan semakin kompleks dan sulit saat Anda mencapai level yang lebih tinggi.

    Tentunya jika Anda adalah seseorang yang suka tantangan, situs ini sangat cocok untuk sebagai sumber belajar. Jika Anda menemui suatu kendala atau kesulitan, maka para programmer lain akan siap membantu yang berasal dari berbagai komunitas di CodeWars

Situs Belajar Coding Terbaik Lainnya

Tak hanya beberapa situs yang disebutkan diatas, masih ada cukup banyak situs lain yang tidak kalah menarik dan berkualitas sebagai source belajar coding yang sangat membantu. Diantaranya seperti The Odin Project, edx, dan lainnya.

  • The Odin Project
    Situs ini termasuk dalam situs belajar coding yang gratis yang memberi pengajaran mengenai berbagai skills yang dibutuhkan oleh seorang programmer. Para pelajar dapat terkoneksi satu sama lain untuk saling bertukar ide dan bekerjasama dalam membentuk tim dan proyek.
  • Edx
    Website ini cukup ternama dan terkenal. Dalam edx, macam-macam pembelajarannya berasal dari universitas-universitas terkemuka di dunia seperti Harvard dan MIT. Meskipun kelas yang diselenggarakan gratis, tapi untuk mendapatkan sertifikat, Anda harus membayar. Dan seberapa banyak pengetahuan yang diperoleh tergantung pada kecepatan masing-masing dalam belajar di Situs Belajar Coding Terbaik.

Kesimpulan

Dalam dunia pemrograman komputer, ada banyak sekali Situs Belajar Coding Terbaik dengan keunggulan masing-masing. Manfaatkan situs-situs tersebut dengan sebaik mungkin. Dengan fokus pada satu website atau bahasa pemrograman dan belajar dengan disiplin, maka pasti anda akan cepat mahir menguasai bahasa pemrograman tersebut.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply