Rekomendasi Tools Pemrograman untuk Anak-Anak Sebagai Media Pembelajaran

Sebagai media pembelajaran, maka Anda bisa mengajarkan beberapa tools pemrograman untuk anak. Memang, belajar bahasa pemrograman ini dapat dilakukan sejak dini. Sehingga, ketika dewasa nanti anak-anak telah mengetahui dan memahami tentang apa itu bahasa pemrograman.

Selain itu, sebagai orang tua juga dapat mendorong kreativitas anak-anak dengan mengajarkan mereka untuk mendesain situs website sederhana menggunakan tools-tools pemrograman yang ramah untuk anak. Maka dari itu, Anda perlu tahu beberapa tools pemrograman yang digunakan sebagai media pembelajaran.

Rekomendasi Tools Pemrograman untuk Anak yang Bisa Dipilih Orang Tua Sebagai Media Pembelajaran

Guna melatih kreativitas dan keaktifan anak usia dini, maka Anda bisa mengajari mereka dengan menggunakan tools pemrograman yang didesain khusus untuk anak-anak. Tools-tools ini didesain sedemikian rupa agar anak-anak nyaman dan senang ketika belajar untuk menyusun bahasa pemrograman. Maka dari itu, ini dia beberapa rekomendasi tools pemrograman yang dapat dipelajari oleh anak usia dini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Scratch
    Scratch merupakan salah satu situs website yang berisikan tentang dunia pemrograman ramah anak. Scratch ini dikembangkan oleh MIT Media Lab. Scratch ini didesain dengan model animasi kesukaan anak-anak.
    Untuk dapat mengakses tools pemrograman dari Scratch, maka Anda tinggal mengunjungi situs tersebut dan tekan “Get Started with Coding” untuk mulai mencoba belajar coding bagi anak-anak.
  • Alice
    Alice menjadi satu dari sekian banyak tools pemrograman untuk anak yang direkomendasikan. Tools pemrograman yang dikembangkan oleh Carnegie Mellon University ini dibekali dengan fitur 3D. Jadi, Anda dapat menuntun anak-anak untuk belajar membuat desain animasi berbasis 3 dimensi. Sehingga, hasil desain anak-anak terlihat nyata.Tools pemrograman Alice ini memang memang berorientasi dengan bahasa pemrograman dari C++ dan C#. Dengan mengajarkan anak-anak untuk mengoperasikan tools Alice, maka Anda juga mengajarkan mereka untuk belajar mengelola bahasa pemrograman dari C++ dan C#.
  • Waterbear
    Waterbear juga merupakan salah satu tools pemrograman ramah anak. Dengan menggunakan tools pemrograman waterbear, maka Anda dapat melatih kemampuan motorik anak. Disini, anak dapat berkreasi dengan menambahkan beberapa animasi yang tersedia di Waterbear. Cara mengoperasikannya pun sangat mudah. Anak-anak hanya perlu menekan dan menyeret tools ke papan workspace.

Pentingnya Mengajari Anak-Anak untuk Mencoba dan Mempelajari Tools Pemrograman

Memahami dan mempelajari bahasa pemrograman ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab, bahasa pemrograman ini cukup banyak dan masing-masing memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Selain itu, tiap-tiap bahasa pemrograman memiliki teknik pengkodingan yang berbeda pula.

Jika tidak dipelajari sejak dini, maka anak-anak akan kesulitan untuk mengenal dan memahami tentang dasar-dasar bahasa pemrograman. Selain itu, anak-anak tidak dapat mengembangkan kreativitas dan keaktifan dalam mengelola coding tools pemrograman.

Maka dari itu, sebagai orang tua harus mendorong anak-anak untuk lebih aktif dan kreatif sejak dini. Anda dapat memilih salah satu dari rekomendasi tools pemrograman untuk anak yang sesuai dengan passion dan kemampuannya.

Hanya saja, Anda sebagai orang tidak boleh memaksa anak-anak untuk bisa dan paham mengenai tools pemrograman tersebut. Pastikan Anda mengajari dengan sabar dan selalu menjawab semua pertanyaan dari anak-anak. Dengan cara memaksa, maka anak-anak tentu tidak tertarik untuk belajar bahasa pemrograman.

Mempelajari tentang dunia pemrograman ini bisa dimulai sejak dini. Ada beberapa tools untuk belajar pemrograman bagi anak-anak. Sebagai orang tua, Anda dapat mendorong kreativitas dan keaktifan anak-anak dengan belajar tentang bahasa pemrograman. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba salah satu dari 3 rekomendasi tools pemrograman untuk anak.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply