InternetNetworkTeknologi

Perbedaan HTTP dan HTTPS Pada Jaringan Komputer

Mengenal HTTP dan HTTPS

Pasti kalian pernah ketika mengunjungi sebuah web, kalian melihat icon atau simbol gembok berwarna hijau pada address bar domain, itulah yang disebut dengan HTTPS, contohnya https://namadomain.com. Jadi, apa sih perbedaan antara HTTP dengan HTTPS? Mari kita simak bersama-sama.

Apa itu HTTP dan HTTPS?

Sebelumnya kalian tau atau tidak pengertian dari kedua ini? Jika tidak, maka kalian harus mengetahuinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah pengertian atau penjelasan tentang HTTP dan HTTPS.

Pengertian HTTP

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protocol dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk komunikasi antar sistem atau untuk mengirimkan paket data dari web server ke browser atau www (world wide web). Jika website masih menggunakan HTTP, paket data yang dikirim tidak dienkripsi oleh sistem dan itu akan mengakibatkan penyalahgunaan data oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab seperti Hacker.

tidak menggunakan https

Pengertian HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah sebuah protocol dari HTTP tapi yang versi aman karena  HTTPS membuat perintah supaya paket data yang dikirimkan lewat protocol ini akan dienkripsi dengan sistem melalui berbagai macam format, hal ini akan membuat orang yang tidak bertanggung jawab (Hacker) akan kesulitan untuk mencuri data, karena data yang dikirim ke browser sudah ter-enkripsi dengan baik sehingga data yang sedang proses pengiriman akan berubah-ubah informasinya sampai data benar-benar sudah terkirim.

menggunakan https

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang perbedaan yang mencolok antara HTPP dengan HTTPS.

1. Cara Kerja dari HTTPS

HTTP dan HTTPS sama-sama protocol yang digunakan untuk mengirimkan paket data, tapi versi HTTPS merupakan versi yang aman dari HTTP sehingga dapat dikatakan bahwa HTTP tidak memberikan keamanan komunikasi antara server dengan client. Sedangkan HTTPS memberikan keamanan pada paket data yang dikirim berupa enkripsi antara server dengan client, sehingga bisa berkomunikasi dengan baik.

Sebenarnya HTTPS mengacu pada gabungan dari hubungan antara HTTP melalui SSL (Secure Socket Layer). Kombinasi atau gabungan ini akan menjamin perlindungan data user atau apapun itu dari Hacker yang tidak bertanggung jawab. Saat sebuah website yang menggunakan HTTPS kemudian dibuka, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL atau tidak. Jika website terhubung, maka akan terjadi SSL handshake dengan browser yang berarti bahwa sertifikat SSL dengan browser berjabat tangan (sudah saling kenal istilahnya).

2. Kelebihan dari HTTPS

Ketika user mengakses sebuah wesbite yang menggunakan HTTPS, halaman yang dikirimkan kepada user telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protocol ini. Semua informasi yang ada di web server atau yang user kirimkan bisa berupa kata sandi (password), akun registrasi, identitas, transfer pembayaran, nomor pin (ini juga bisa). Itu semua akan dienkripsi sehingga tidak ada yang bisa mengambil informasi atau data-data user ketika proses transaksi sedang berjalan langsung.

Dengan menggunakan HTTPS, tentunya para user akan merasa lebih aman ketimbang yang HTTP, karena data mereka telah dilindungi dengan enkripsi yang bisa meningkatkan kepercayaan user. Lagipula, jika website menggunakan HTTPS, kita akan mendapatkan ranking SEO lebih dari Google.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close