Tutorial React JS Part 1: Pengenalan React JS

Kamu telah mencapai part 1 dari 2 seri Belajar React JS

Pada kesempatan kali ini, Iltekkomputer akan membahas seri pertama dari React JS, yang mana ReactJS menjadi salah satu library Javascript yang sangat populer. Kita tahu dalam beberapa tahun ini Framework dan Library Javascript sangat populer untuk pembuatan Website, seperti Vue JS, Angular JS,  Node JS, dan yang lainnya. Hal ini juga disebabkan semenjak kehadiran ES6+, penulisan Javascript jauh lebih mudah dan lebih simpel untuk pengembangan website.

Ketika ingin belajar mengenai web development, mungkin anda tidak asing atau pernah mendengar tentang React JS. Istilah ini bisa membuat anda bertanya-tanya. Apa itu React JS? Fungsinya untuk apa? Apa React JS mudah dipelajari? Apa hubungannya dengan JavaScript?

Pengetahuan soal React JS merupakan sesuatu yang cukup penting. Khususnya jika anda ingin membuat User Interface (UI) website yang menarik.


Pengertian React JS

React JS adalah library JavaScript yang biasa digunakan saat membangun UI suatu website atau aplikasi web.

Jadi, React JS bisa dianggap seperti perpustakaan yang berisi berbagai kode JavaScript yang sudah tertulis (pre-written). Anda tinggal mengambil kode yang ingin Anda gunakan. Sehingga, ini membuat proses coding menjadi lebih efisien.

Banyak orang menyebutnya sebagai framework, namun secara teknis… React JS bukanlah sebuah framework, melainkan sebuah library untuk membuat UI pada website.

Website Resmi React JS

React JS bersifat composable user interface yang berarti pengguna bisa membuat berbagai UI dan nantinya bisa dibagi dalam beberapa komponen dan juga bersifat reusable component yang berarti komponennya bisa digunakan kembali tanpa harus membangun dari awal lagi, React JS bisa digunakan untuk membangun UI (User Interface) yang khusus untuk tampilan aplikasi dalam satu halaman yang menangani tampilan pada web dan aplikasi mobile.

React JS dirilis pada tahun 2013 yang dibuat oleh Jordan Walke. React JS ini telah menjadi salah satu pustaka atau library UI terpenting dalam Javascript, dan telah digunakan oleh Facebook, Instagram, Twitter, Netflix, Medium, Spotify. React telah mengubah cara anda membangun antarmuka UI.

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menginstall React JS

Sebelum menggunakan React JS, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk mulai menggunakan React JS, berikut tools yang harus disiapkan:

  1. Node JS
  2. NPM atau YARN
  3. Text Editor (VS Code, Sublime Text, Atom, dll)
  4. Browser (Chrome atau Firefox)

Selain tools diatas yang harus disiapkan, kita juga harus paham terlebih dahulu tentang fitur-fitur ES6+, contohnya seperti variabel (let, var, const), class, dan arrow function. Karena pada React JS kita akan banyak menggunakan fitur-fitur ES6.

Contoh Syntax React JS

sebelum kita benar-benar masuk ke seri belajar React JS, berikut adalah contoh dari syntax React:

class Hello extends React.Component {
        render() {
          return <h1>Hello World!</h1>
        }
      }

Pada seri berikutnya, kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari React JS terlebih dahulu agar kita memahami, kapan kita akan menggunakan React JS dan apa tujuannya.

Dibawah ini merupakan semua list dari proses part Belajar React JS
Share your love
Default image
Brian Harris

Hai 👋, Saya Brian. Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply