FrameworkLaravelLaravel DasarPHP

Tutorial Laravel 5.7 Part 1 : Pengenalan Laravel Dasar

Laravel  Dasar Part 1 : Pengenalan Framework Laravel 5.7– Halo Programmer, Salam sejahtera untuk kita semua. Setiap Programmer pasti ingin proyek web nya selesai dengan waktu yang lebih cepat dan efisien, waktu bagi programmer sangat lah berharga. Anda juga pasti ingin membuat suatu proyek web dengan waktu yang lebih efisien pastinya, Laravel ini lah salah satu nya.

Pengenalan Framework Laravel 5.7

Apa itu Laravel ? Laravel adalah kerangka kerja aplikasi web berbasis PHP yang open source, menggunakan konsep model–view–controller (MVC). Laravel berada dibawah lisensi MIT, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode. Laravel dibuat untuk membantu para developer dalam membuat sebuah web dengan Sintaks yang sederhana, elegan, ekspresif, dan menyenangkan.

Dengan menggunakan framework Laravel, tugas –tugas umum developer dapat dikurangi oleh sebagian proyek-proyek web seperti routing, session, dan catching. Disamping itu, Laravel berusaha menggabungkan pengalaman-pengalaman development dalam bahasa lain, seperti Ruby on Rails, ASP.NET, MVC dan Sinarta.

Tujuan utama dibuatnya Laravel adalah untuk mempermudah dalam membuat sebuah proyek web. Laravel termasuk dalam Best PHP Framework 2014 yang paling banyak digunakan oleh developer sampai sekarang . Sekitar hampir 45% pengguna php menggunakan Framework Laravel . ini membuktikan bahwa menggunakan Laravel memang dapat mempercepat dan mempermudah development website.

Versi Laravel 5.7

Versi Laravel saat ini yaitu versi Laravel 5.7 dan sudah menggunakan versi PHP 7 keatas. Apa yang harus di persiapkan untuk menggunakan Laravel 5.7 ? berikut ini adalah Server requirements atau persyaratan sistem untuk menggunakan Laravel :

Server Requirements

Framework Laravel memiliki beberapa persyaratan sistem. Tentu saja, semua persyaratan ini dipenuhi oleh mesin virtual Homestead Laravel, jadi sangat disarankan agar Anda menggunakan Homestead sebagai lingkungan pengembangan Laravel lokal Anda. Namun, jika Anda tidak menggunakan Homestead, Anda harus memastikan server Anda memenuhi persyaratan berikut:

  • PHP >= 7.1.3
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • JSON PHP Extension
  • BCMath PHP Extension

Composer (Dependency Management)

Apa itu Composer ? Composer adalah aplikasi package manager untuk bahasa pemrograman PHP yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP dan pustaka-pustaka yang diperlukan. Composer dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano, yang terus mengelola proyek. Mereka mulai pengembangan pada bulan April 2011 dan merilis Composer pertama kali pada tanggal 1 Maret 2012. Composer sangat terinspirasi oleh package manager Node.js “npm” dan Ruby “bundler”. Selengkapnya bisa Anda lihat di wikipedia.

System Requirements composer

Komposer membutuhkan PHP 5.3.2+ untuk dijalankan. Beberapa pengaturan php sensitif dan compile flags juga diperlukan, tetapi ketika menggunakan installer Anda akan diperingatkan tentang ketidaksesuaian apa pun. Untuk menginstal paket dari sumber alih-alih arsip zip sederhana, Anda akan membutuhkan git, svn, fossil atau hg tergantung pada bagaimana paket tersebut dikendalikan oleh versi. Komposer adalah multi-platform dan kami berusaha untuk membuatnya berjalan dengan baik di Windows, Linux dan macOS. untuk cara menginstal composer tutorial selanjutnya akan dibahas lebih detail. 

XAMPP, MAMP, dan LAMP

Untuk mempelajari PHP dan Laravel, anda memerlukan web server PHP offline, Editor text, dan Framework Laravel. XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl, MAMP (Mac, Apache, MySQL, dan PHP), LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP). Ketiga server development ini menyediakan pengaturan lengkap yang diperlukan untuk membangun sebuah halaman web yang dinamis.

Dengan server development tersebut, Anda dapat dengan mudah menginstal Apache, MySQL, dan PHP sekaligus dalam satu paket . Anda hanya perlu mendownload dan menginstal satu kali saja untuk mendapatkan fitur lengkap Apache, MySQL, dan PHP. tutorial kali ini kita akan menggunakan Xampp di windows untuk cara menginstal Xampp bisa langsung membuka cara menginstal xampp di Windows.

Pada tutorial Laravel 5.7 part 1 ini, kita sudah membahas definisi atau pengertian dari Laravel, Persyaratan untuk menggunakan laravel, dan bahan-bahan apa saja yang harus digunakan utuk menjalankan Laravel 5.7. Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas tentang Cara Mengingstal Composer dan Laravel 5.7 nya.

Tags

Nabil

I am a person who likes to learn a lot of new things, always trying to solve new things in a more efficient way and what I like most is Error, because in that error we can overcome the problem and can learn from the experience of the error. :)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close