HTMLHTML Dasar

Tutorial HTML Part 3: Memilih Text Editor Untuk HTML

Memilih Text Editor Untuk HTML

Setelah kita sudah mengenal web browser serta fungsinya, untuk bisa membuat kode HTML kita perlu yang namanya text editor. Pada tutorial HTML kita kali ini akan membahas cara memilih text editor yang mudah, sesuai, dan dengan fitur yang keren, salah satunya adalah Sublime Text.


Memilih Text Editor Untuk HTML

Software text editor digunakan untuk mempermudah kita dalam membuat kode program, salah satunya kode HTML. HTML pada dasarnya hanya text biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus. Web Browser lah yang nantinya akan menerjemahkan kode HTML menjadi sebuah tampilan  halaman web. Untuk memilih software text editor pun caranya tidak susah, malah sangat mudah sekali.

Untuk membuat kode HTML ataupun halaman web yang simple, kita tidak perlu menggunakan software yang berat. Sebenarnya, aplikasi notepad bawaan dari windows pun sudah cukup untuk membuat kode HTML. Tapi pada tutorial belajar HTML di iltekkomputer, saya akan menggunakan software Sublime Text.


Text Editor Sublime Text

Software Sublime Text bisa kalian dapatkan dari situs resminya yang beralamat di http://www.sublimetext.com/download. Sebenarnya Sublime Text ini mempunyai lisensi yang berarti bahwa software ini berbayar, tapi tenang saja, kita tetap bisa menggunakan secara gratis. Loh kok bisa digunakan secara gratis? Yup, karena setau saya developer Sublime Text hanya meminta donasi saja, sehingga jika kita menggunakan yang gratis, akan ada popup muncul dalam beberapa jam sekali yang menyuruh kita untuk donasi (membeli lisensi), tapi popup itu bisa ditutup. Saat tutorial ini dibuat, versi dari sublime text adalah Sublime Text 1.4 yang berukuran 4.85MB. Sublime Text merupakan aplikasi editor text yang sangat ringan serta memiliki fungsi yang sangat banyak dan cukup lengkap. Salah satunya adalah fitur syntax hightlighting. Fitur ini akan mempermudah penulisan kode HTML.

syntax highlighting di sublime text


Bagaimana dengan Text Editor lain?

Sebenarnya ada text editor yang benar-benar gratis untuk digunakan seperti Notepad++, Komodo Edit, dan lain-lain. Alasan saya menggunakan Sublime Text karena sublime text bisa digunakan juga  secara gratis, selain itu banyak fitur yang mempermudahkan kita dalam membuat kode HTML. Buat kalian yang menggunakan Sublime Text juga, jangan menggunakan sublime text yang bajakan ya (sublime text yang dicrack), hargai pembuat softwarenya dengan tidak menggunakan yang versi bajakan, gunakan saja yang versi gratisnya. Kecuali, jika kalian punya uang untuk membeli lisensi yang asli. Karena jika kita menggunakan yang bajakan, bisa saja ilmu yang didapat tidak berkah karena menggunakan software bajakan.

Alasan kedua saya memilih Sublime Text karena sangat populer dipakai oleh kalangan programmer dan menjadi standar software text editor. Sebenarnya sublime text ini mirip seperti Notepad++ dan Komodo Edit, tapi yang membedakan hanyalah fitur dari sublime text lebih lengkap. Sehingga kita bisa lebih mudah dalam membuat kode HTML.


Mau kalian menggunakan text editor yang manapun sesuai yang kalian suka sebenarnya tidak menjadi masalah. Asalkan selama text editor tersebut bisa menulis dan menyimpan text, kita sudah bisa membuat kode HTML. Setelah membahas web browser dan text editor, sekarang kita sudah punya web browser dan juga text editor, berarti kita sudah siap untuk menjalankan file HTML pertama kita.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close