Memahami Berbagai Macam Istilah dalam Pemrograman Komputer

Memahami Berbagai Macam Istilah dalam Pemrograman Komputer – Dalam dunia coding, ada berbagai macam Istilah Dalam Pemrograman yang harus dikuasai oleh seorang programmer. Coding itu sendiri secara umum dapat diartikan sebagai sebuah proses menginstruksikan Komputer untuk melakukan sebuah tugas. Pemrograman tersebut membutuhkan beberapa keahlian matematika seperti logika dan algoritma.

Bidang industri saat ini membutuhkan tenaga ahli pemrograman dalam jumlah yang banyak sehingga bidang programming adalah hal yang sangat berguna di era digitalisasi seperti sekarang ini. Hal tersebut berkaitan erat dengan berbagai macam artificial intelligence yang berkembang di dunia.

Jika Anda memiliki keinginan untuk mendalami dunia coding atau biasa disebut dengan pemrograman, maka Anda perlu mempelajari istilah-istilahnya terlebih dahulu. Karena pemrograman tidak bisa Anda kuasai secara instan, bahkan ada banyak sekali pembelajaran di dalamnya.

Beberapa Macam Istilah dalam Pemrograman

Seorang programmer tentunya tidak akan terlepas dari berbagai macam istilah dalam dunia coding. Dengan menguasai istilah pemrograman, akan sangat mempermudah dalam membuat sebuah kode program dan tentunya berpengaruh pada efisiensi waktu. Ada banyak isitlah seperti algoritma, debugging, dan lainnya.

  • Agile dan Ajax

Sebuah metode development software baik berupa mobile application, web application, website, disebut dengan Agile. Ajax adalah sebuah teknik untuk membangun aplikasi website. Dengan Ajax, memungkinkan adanya komunikasi latar belakang dengan server dan keseluruhan halaman web tidak akan terpengaruh.

  • Algorithm dan API

Secara sederhana, algoritma atau algorithm dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan langkah untuk menjalankan sebuah kode program. Program akan semakin cepat berjalan jika algoritma yang dibuat semakin efisien. API atau Application Programming Interface adalah tool dan sistem protocol untuk membuat sebuah software yang berjalan di balik layar.

Perintah dari pengguna sampai kepada program atau sistem agar memberi respon atas instruksi yang diberikan dengan perantara API. Cara kerja API adalah dengan menetapkan bagaimana layanan yang lebih detail diminta oleh sebuah program kepada program yang lain.

  • Code program dan coding language.

Code dapat diartikan sebagai sebuah bahasa yang sederhana yang didalamnya terdapat rule yang sangat ketat dan syntax. Code ini adalah instruksi untuk komputer untuk melakukan sesuai yang tertulis di kode program. Sedangkan coding language adalah syntax yang spesifik yang berguna untuk menuliskan kode program.

Istilah Dalam Pemrograman Lainnya yang Perlu Diketahui

Selain dari beberapa istilah yang telah disebutkan, masih ada sangat banyak istilah dalam dunia pemrograman yang perlu diketahui. Di antara istilah-istilah tersebut adalah seperti data base, HTML, front-end dan back-end developer, recursion, dan lain sebagainya.

  • Data base dan HTML

Database merupakan kumpulan informasi atau data elektronik yang tersusun dalam web server dengan atauran tertentu dan saling berkaitan sehingga mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi dan mengaturnya. HTML memungkinkan sebuah halaman untuk berpindah ke halaman lain. Dalam HTML, sebuah teks bisa berfungsi lain misalnya menjadi sebuah link.

  • Front end-developer dan back-end developer

Back-end developer adalah seorang programmer yang memiliki tanggung jawab pada server atau dengan kata lain sistem web. Sedangkan front-end developer adalah seorang programmer yang bertanggung jawab di sisi klien (apapun yang terjadi di komputer klien), misalnya seperti perilaku situs web, tampilan, dan interface.

  • Recursion

Dengan perintah recursion, sebuah kode dimungkinkan untuk berulang sampai proses terhenti oleh kondisi semula. Dalam dunia program, recursion ini dianggap cukup penting karena dapat digunakan pada saat tertentu untuk mendefinisikan suatu masalah dengan sederhana dan konsisten. Dan masih banyak lagi Istilah Dalam Pemrograman yang lainnya.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply