Kelebihan Framework Codeigniter bagi Web Developer

Memahami kelebihan framework codeigniter bagi seorang web developer membantu menentukan pilihan terbaik. Seorang web developer akan dihadapkan dengan berbagai pilihan framework, seperti codeigniter, kohana, cakePHP, dan zend. Masing-masing framework memiliki fungsi yang sama, yaitu membangun aplikasi berbasis web, tetapi memiliki keunggulan yang berbeda.

Dibangun menggunakan struktur MVC framework, memungkinkan membuat aplikasi berbasis web tanpa harus menulis strukturnya. MVC menyederhanakan dan memisahkan menjadi tiga komponen utama, yaitu model, view dan controller. Pemisahan ini memungkinkan developer untuk fokus membangun aplikasi tanpa memikirkan bagaimana menghubungkan ke database hingga menampilkan ke user.

Codeigniter dibangun berdasarkan struktur MVC, mampu meningkatkan produktivitas dalam pengembangan aplikasi. Kelebihan framework codeigniter lainnya terletak pada library yang kaya. Hal ini memungkinkan untuk digunakan tanpa harus menguasai OOP programming secara menyeluruh. Kita juga memungkinkan untuk mengupdate library tersebut jika dirasa ada yang kurang.

Iltekkomputer mempunyai tutorial tentang PHP, jika anda ingin belajar PHP Native Dasar… Anda bisa melihatnya pada link berikut: Tutorial Belajar PHP

Sisi Unggul Codeigniter Dibandingkan Program Sejenis

Selain codeigniter, terdapat program lain yang menggunakan basis MVC. Contohnya program seperti cakePHP dan Kohana, mampu membangun aplikasi berbasis web dengan mudah. Tetapi yang membuat codeigniter lebih unggul adalah sisi kecepatannya. Size yang rendah memungkinkan untuk dijalankan dengan cepat.

Ellislab sebagai kreator, memperhatikan betul bahwa web rentan mengalami serangan seperti CSRF dan XSS. Oleh karenanya dalam perilisannya dilengkapi dengan fitur keamanan. Seperti XSS filtering, CSRF protection, password handling, dan input data validation. Dengan demikian developer tidak perlu khawatir akan adanya pencurian data.

Kelebihan framework codeigniter lainnya adalah dokumentasi yang sangat teratur. Selain itu, forum yang aktif memungkinkan untuk saling berbagi pendapat, tutorial, dan testimoni. Dalam forum resmi, tidak hanya dibuka diskusi seputar versi terbarunya saja, melainkan rancangan fitur kedepannya juga dibagikan.

Selain kecepatan dan kemudahan dalam menggunakan, hasil URL yang ringkas dan rapi membuatnya menjadi SEO friendly. Berbeda dengan framework lainnya yang menggunakan query, penggunaan pendekatan berbasis-segmen memudahkan pengguna untuk memodifikasi cara menampilkan webnya. Dengan demikian pengguna dapat dengan mudah mendesain URL yang SEO-friendly.

Memasang Codeigniter Dapat Dilakukan dengan Dua Cara

Langkah awal dalam menggunakan codeigniter adalah dengan memasangnya terlebih dahulu. Kelebihan framework codeigniter dalam pemasangan adalah dapat dipasang dengan dua cara. Yaitu pemasangan secara manual dan pemasangan menggunakan composer. Composer adalah sebuah alat manajemen pada PHP.

Pemasangan manual tidak membutuhkan banyak proses, yaitu dengan mengunjungi web codeigniter untuk mengunduh versi yang ingin dipasang. Versi terbaru yang memungkinkan untuk dipasang adalah versi 4. Setelah itu, ekstrak menuju web server. Jika menggunakan WAMPSERVER, ekstrak pada folder “C:/wamp64/www”

Pemasangan menggunakan composer memerlukan software PHP 7.2 ke atas. Pemasangan dilakukan dengan mengetikkan kode pada Terminal atau Command Prompt. Pastikan untuk menginstall pada web server. Command yang diketikkan nanti akan membuat folder “ci-project“. Tulis “composer update –no-dev” dan proses instalasi akan selesai.

Pemasangan melalui composer sedikit rumit bila belum terbiasa. Namun memiliki kelebihan berupa kemudahan dalam memasang paket dependency. Selain itu juga memudahkan untuk melakukan pembaruan seluruh dependency yang terpasang. Untuk memastikan suksesnya pemasangan, ketik “php spark serve“. Ketika muncul informasi codeigniter, maka telah terpasang dengan sempurna.

Kesimpulan

Framework codeigniter meskipun ringan memiliki beragam fitur dan kemudahan dalam membantu mengembangkan aplikasi berbasis web. Memiliki fokus pada kemudahan, kecepatan, keamanan, dan kerapian hasil membuatnya digemari para programmer. Kelebihan framework codeigniter menjadikannya pilihan terbaik di kelasnya, bersaing dengan Kohana, cakePHP, Laravel, dan Zend.

Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply