InternetTeknologiTips

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang yang Dikembangkan Google

5 Kelebihan Bahasa Go Lang

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang – Halo sahabat iltekkomputer, pada kesempatan kali ini saya mau membuat artikel tentang salah satu bahasa pemrograman yang sedang populer dikalangan programmer, yaitu bahasa Golang.

Bahasa pemrograman Golang atau yang dikenal juga dengan sebutan Go, dikembangkan Google oleh Rob Pike, Robert Griesemer, dan Ken Thompson. Bahasa ini dirilis sebagai project open source (bebas) pada tahun 2009.

Saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan bahasa pemrograman Golang ini seperti Dropbox, Cloudflare, Soundcloud, dan termasuk Google sendiri.

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang

Bahasa ini menjadi populer karena memiliki fitur atau kelebihan. Apa saja kelebihan pada bahasa ini? Berikut ini adalah 5 kelebihan bahasa pemrograman golang.

1. Golang Bekerja Dengan Cepat

Walaupun Golang dirancang untuk menghasilkan aplikasi dengan performa yang tinggi, tapi struktur dan syntax yang dimiliki sangat sederhana. Hal ini bisa memudahkan anda untuk menulis kode dengan cepat. Golang juga mampu memproses kompilasi dengan cepat, sehingga proses pengembangan dapat selesai dengan waktu yang lebih singkat.

2. Memiliki Goroutines

Golang memiliki Goroutines yang mampu membuat manajemen memori bekejar dengan efektif. Untuk setiap new thread yang anda buat di Java, pada umumnya anda akan menggunakan memori sebesar 1Mb. Tapi ketika anda menggunakan Golang, memori yang dibutuhkan sangatlah kecil yaitu 2Kb. Bisa dilihat hal ini tentu sangat berguna ketika anda memiliki multiple thread yang harus dijalankan.

3. Sederhana dan Mudah di Pelajari

Golang sangat mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Hal ini karena syntax yang digunakan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula. Di dalamnya juga tidak terdapat berbagai fungsi kompleks yang harus dipelajari. Selain itu, dokumentasi yang dimiliki juga terstruktur dengan baik dan rapi. Jika anda sudah bisa menggunakan C++ atau C#, anda pasti bisa mempelajari bahasa Golang dengan cepat karena syntax yang digunakan mirip dengan bahasa pemrograman C.

4. Memiliki Fungsi Garbage Collection

Bahasa pemrograman Golang mempunyai fungsi garbage collection yang dapat membantu manajemen memori bekerja dengan lebih baik. Fungsi ini memiliki pengaruh signifikan untuk menjaga performa serta membuat concurrency bekerja efisien.

5. Memiliki Dukungan dari Google

Google memiliki salah satu infrastruktur cloud terbesar di dunia dan terus ditingkatkan secara masif. Bahasa pemrograman ini sengaja dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh tim Google untuk mendukung skalabilitas dan efektivitas sistem mereka. Oleh karena itu, ketika anda mengembangkan suatu sistem dan memikirkan masalah skalabilitas, Golang menjadi bahasa pemrograman yang bisa anda andalkan.


Nah jadi itulah 5 kelebihan bahasa pemrograman Golang, sampai saat ini bahasa Golang masih menjadi populer dikalangan programmer. Untuk kalian yang ingin belajar bahasa Golang, bisa melihat dokumentasi dari web resminya https://golang.org/doc/.

 

sumber: logique.co.id

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close