TeknologiTipsTutorial

Internet Terasa Lambat? Coba Ganti DNS Supaya Internet Makin Kencang!

Cara Mempercepat Internet Dengan Mengganti DNS

Cara Mempercepat Internet Dengan Mengganti DNS – Pada artikel kali ini saya ingin berbagi ilmu yang menurut saya cukup penting, yaitu Cara Mempercepat Internet Dengan Mengganti DNS. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan Internet yang lebih cepat menggunakan sistem operasi windows. Salah satunya adalah dengan mengganti DNS yang akan mempercepat web browser anda ketika sedang searching. Pada jaman sekarang, Internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi orang-orang, terutama bagu perusahaan yang sepenuhnya bergantung pada koneksi Internet, karena ketika koneksi Internet lambat maka produktifitas nya akan terganggu.

Contoh Internet lambat, ketika kita sedang mengakses YouTube kemudian streaming video, hal yang paling menjengkel kan adalah buffering. Buffering biasanya disebabkan oleh koneksi Internet yang lambat, tapi apakah hal tersebut kesalahan dari provider internetnya? Tidak juga, bisa saja kesalahan seperti itu dari pengaturan Internet pada komputer yang kita gunakan. Maka dari itu, disini saya ingin memberikan tutorial cara buat Internet makin kenceng!

Tapi sebelumnya, apakah anda tau apa itu DNS? gak seru kan kalo kalian mengikuti tutorial ini tapi kalian sendiri belum tau apa itu DNS.

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).


Cara Mempercepat Internet Dengan Mengganti DNS

Sekarang kita akan masuk kedalam tutorialnya, silahkan simak tutorialnya di bawah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan DNS

cara mempercepat internet

Klik logo windows di pojok kiri bawah setelah itu pilih Control Panel. Control Panel merupakan bagian dari Microsoft Windows untuk user melihat ataupun menghapus, mengubah file atau sistem pengaturan dasar, misalnya menghapus software, mengubah aksesibilitas, dan lain lain.

Langkah 2: Network and Internet

cara hack dns

Network and Internet berguna untuk mengatur jaringan dan Internet.

Langkah 3: Network and Sharing Center

buat internet kenceng

Network and Sharing Center merupakan kategori khusus yang ada dalam pengaturan windows untuk jaringan.

Langkah 4: Pilih Koneksi Internet dan Pilih Properties

cara mempercepat internet dengan mengubah dns

Jika sudah pilih Properties, anda akan melihat beberapa pengaturan IP dan DNS dari jaringan atau koneksi Internet yang sedang anda gunakan.

Langkah 5: Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan Klik Properties

mengatur dns

Alamat IP versi 4 merupakan sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan didalam protocol jaringan TCP/IP yang menggunakan protocol IP versi 4.

Langkah 6: Use the Sollowing DNS Server Address

Jika sudah dipilih, ganti alamat DNS nya dengan alamat DNS dibawah ini:

  • Preferred DNS Server: 208.67.222.222
  • Alternate DNS Server: 208.67.220.220

Langkah 7: Pilih Internet Protocol Version 6 (/IPv6) dan Klik Properties

mengatur ip versi 6

Kalian lihat pada bagian Use the Following DNS Server Addresses, isi dengan alamat dibawah ini:

  • Preferred DNS Server: 2620:0:ccc::2
  • Alternate DNS Server: 2620:0:ccd::2

Nah sudah selesai cara mempercepat Internet dengan mengganti DNS. Sekarang coba kalian cek kecepatan Internet kalian masing-masing, pasti akan lumayan terasa cepatnya.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close