PHPPHP Dasar

Tutorial PHP Part 3: Install XAMPP Untuk Menjalankan PHP

Menginstall XAMPP Untuk Menjalankan PHP

Setelah kita mengetahui asal-usul dan perkembangan dari PHP, saatnya kita mulai praktek dan bermain-main dengan PHP. Jika kalian belum melihat pembahasan sebelumnya, kalian bisa lihat disini. Sebelum kita mempraktekkan PHP, kita bayangkan bahwa kita membutuhkan sebuah ruang atau tempat khusus untuk menempatkan semua kode script PHP yang akan kita mainkan ini. Maka dari itu, dengan kebutuhan adanya kebutuhan itu, kita butuh Web Server. Web Server merupakan tempat berkumpulnya segala kode-kode pemrograman dan kode lainnya yang mana semua program tersebut bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jadi, web server bisa kita ibaratkan sebagai sebuah gedung besar dengan kode-kode program sebagai pekerja di dalam gedung tersebut. Bagaimana di antara PHP dan web server bisa terjalin sebuah hubungan? Mungkin hal ini akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.


Pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan web server yang bernama XAMPP. XAMPP ini akan bertugas menjadi tempat berjalannya lalu lintas informasi virtual yang berkaitan dengan kode PHP dan database server. XAMPP merupakan paket web server yang bekerja secara offline pada localhost yang dibuat secara independen dan bisa di install pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, Dan Macintosh.

Praktek PHP kita kali ini, kita akan mengawali dengan meng-install aplikasi-aplikasi, yaitu aplikasi Sublime Text (sebagai text editor kita).

  1. Buka website sublimetext.com/download.
    download text editor sublime text
  2. Setelah itu kalian klik 2x installernya, dan install seperti biasa.

Setelah itu kita akan menginstall aplikasi kedua, yaitu XAMPP (saat tutorial ini dibuat, saya menggunakan XAMPP versi 7.2.11).

  1. Silahkan buka websitenya www.apachefriends.org.
  2. Setelah berhasil didownload, silahkan klik 2x installernya.
  3. Nanti akan muncul gambar seperti dibawah ini, silahkan centang saja semua, walaupun kita tidak membutuhkannya, tapi bisa saja suatu saat kita membutuhkannya sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk menginstall lagi.
    tampilan awal saat install xampp
  4. Berikutnya, kita klik Next. Perhatikan: kita tidak usah mengubah nama file dan lokasi penginstalan, biarkan saja default.
    setting lokasi di xampp
  5. Tunggu saja sampai proses instalasi-nya selesai.
    proses penginstalan xampp

    apache http server
    Pilih Allow Access jika muncul seperti ini
  6. Setelah sudah selesai, silahkan klik logo windows disebelah kiri bawah, lalu ketikkan xampp.
    ketikkan xampp
  7. Nanti akan muncul tampilan dari control panel xampp, kemudian klik start pada Apache dan MySQL.
    menjalankan xampp

Jika sudah seperti itu, coba kalian buka di browser, lalu ketikkan localhost. jika berhasil, harusnya sama persis seperti gambar dibawah ini.

berhasil menginstall xampp

Selamat! Sampai sini, kita sudah berhasil menginstall XAMPP sebagai Web Server dan sudah siap untuk mempelajari PHP. Tutorial selanjutnya, kita akan mencoba untuk menjalankan file php pertama kita.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close