PHPPHP Dasar

Tutorial PHP Part 6: Input Kode PHP ke HTML

Masukkan Kode PHP ke HTML

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai cara kerja web server terhadap kode PHP. Nah, pada tutorial kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya meng-input kode PHP ke HTML.


Cara Input Kode PHP ke HTML

Sekarang kita berada pada bagian metode untuk meng-input atau memasukkan kode PHP ke HTML.  PHP menyediakan beberapa cara untuk meng-input kode PHP kedalam HTML. Cara paling banyak digunakan adalah menggunakan tag pembuka <?php dan tag penutup ?>. Tapi PHP sendiri juga menyediakan cara lain untuk menuliskan syntax atau masuk ke mode PHP. Terdapat 4 metode untuk melakukan input kode PHP ke dalam HTML, yaitu seperti dibawah ini:

  1. Metode standar (XML Style) PHP. Metode ini disebut dengan XML Style. Karena ini didasarkan pada aturan penulisan (syntax) eXtensible Markup Language (XML). XML Merupakan bahasa markup yang menjadi dasar dari xHTML (versi HTML yang memiliki aturan lebih ketat). Metode penginputan PHP inilah yang paling banyak digunakan. Untuk masuk ke dalam mode PHP ini, kita menggunakan kombinasi <?php sebagai tag pembuka dan tag ?> sebagai tag penutup.
    <?php 
    	echo "Belajar PHP itu mudah!";
     ?>
  2. Metode tag singkat (SGML Style) PHP. Metode ini memiliki kemiripan dengan Standard Generalized Markup Language (SGML). SGML sendiri adalah sebuah format dasar bahasa markup yang merupakan asal dari HTML. Alasan penyebutan tag singkat (PHP Short Tag) karena tag ini lebih singkat dari metode XML, yaitu hanya menggunakan <? sebagai tag pembuka dan ?> sebagai tag penutup.
    <? 
    	echo "Belajar PHP itu mudah!";
     ?>
  3. Metode ASP PHP. ASP (Active Server Pages) adalah bahasa pemrograman web yang dikeluarkan oleh Microsoft sebagai bahasa pemrograman yang menyaingi PHP. Metode ASP menggunakan tag <% sebagai tag pembuka dan %> sebagai tag penutup.
    <%
    	echo "Belajar PHP itu mudah!";
     %>
  4. Metode Sctipt PHP. Metode ini disebut metode script karena cara penulisannya mirip dengan bahasa script lain seperti CSS dan JavaScript. Metode script ini menggunakan tag <script language=”php”> sebagai tag pembuka dan tag </script> sebagai tag penutup.
    <script language="php"> 
    	echo "Belajar PHP itu mudah!";
    </script>

    Ini adalah penggunaan yang sangat jarang digunakan oleh para programmer web menurut pengalaman saya


Mungkin sampai sini dulu tutorial kita kali ini, yup singkat sangat. Pada pembahasan berikutnya, kita akan membahas tentang aturan penulisan PHP.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close