Desain GrafisPhotoshopTeknologiTutorial

Tutorial Membuat Flat Desain 2D Dengan Photoshop

Flat Desain 2D

Tutorial Membuat Flat Desain 2D Dengan Photoshop – Halo sahabat illtekkomputer, nah di tutorial kali ini saya akan membuat Flat Desain 2D, sebelumnya saya juga sudah membahas pengertian dari Flat Desain, oke tanpa panjang lebar mari kita lanjutkan…


Flat Desain 2D

Ditutorial ini kita akan membuat gambaran 2D dengan Photoshop, seperti yang saya katakan di artikel sebelumnya, 2D hanya mencakup pada bagian X,Y terihat di 2 arah dari depan dan belakang.  Ini juga bisa dibuat di Aplikasi lain seperi Illustrator, Coreldraw dan banyak lagi. Baiklah, mari kita simak pembuatannya…


Langkah Pertama : Membuat File Baru

Buka Photoshop, klik CTRL+N atau klik New di Aplikasi Photoshop dengan ukuran (5×5 cm).

Langkah Kedua : Membuat Background Rounded

Klik Shape Tool pada bagian pojok kiri dari bawah dibagian ketiga. Klik Shape – Rounded Rectangle Tool dan ukur tidak sampai penuh, setelah itu klik Hide di Bacground untuk menonaktifkan layer, dan beri warna Fill #0072bc.

Langkah Ketiga : Membuat Bagian Luar Laptop

Selanjutnya klik lagi Shape – Rounded Rectangle Tool untuk membuat luaran laptop, seret ke bagian layer dipadukan dengan klik Shift pada keyboard agar ukuran tetap dan beri warna shape pada bagian atas klik dengan warna Fill #363636.

Langkah Keempat :  Membuat Bagian Dalam Laptop

Selanjutnya klik lagi Shape – Rectangle Tool untuk membuat dalaman laptop, seret lagi ke bagian layer tadi namun ukuran lebih kecil dari sebelumnya dan beri warna shapenya lebih terang dari shape sebelumnya, dengan klik pada bagian atas dengan warna Fill #b9b9b9.

Langkah Kelima : Membuat Bagian Bawah Dengan Shape Rectangle

Selanjutnya kita buat untuk bagian bawah dengan klik Shape – Rectangle Tool, rentangkan hingga melebihi bagian atas tadi namun jangan terlalu jauh. Lalu beri warna yang sama dengan shape bagian luar laptop dengan warna Fill #b9b9b9.

Langkah Keenam : Membuat Bagian Bawah Dengan Shape Rounded

Lalu kita buat lagi dengan klik Shape – Rounded Rectangle Tool untuk bagian bawah laptop, dan rentangkan dan ukur hingga sama seperti shape sebelumnya dan beri warna yang sama juga dengan shape bagian dalam laptop, Fill #363636.

Langkah Ketujuh : Membuat Karet Penutup Laptop

Nah disini sudah terlihat gambaran laptop, namun kita buat lagi  seperti karet penutup di bagian atas, kanan, kiri laptop, sebelumnya kita klik Shape – Rounded Rectangle Tool dan beri warna lebih gelap dengan Fill#484848 lalu rentangkan, namun tidak terlalu panjang, lalu kita buat Grup dengan klik dibagian bawah bagian kanan bawah agar tidak terlihat berantakan, setelah itu klik CTRL+J untuk mengcopy bagian shape tadi, hingga menjadi 7 bagian, dan atur dengan 2 bagian atas, 1  bagian kanan dan kiri, 2 bagian bawah layar dan 1 bagian bawah keyboard.

Langkah Kedelapan : Membuat Bayangan Laptop dengan Poligon Laso Tool

Nah sudah terlihat gambarannya tinggal kita membuat bayangan, dengan klik Poligon Laso Tool, dan bentuk ukurannya dengan merentangkan dari bagian atas laptop hingga bawah laptop dan beri warna lebih gelap dari background sebelumnya dengan warna Fiil #005e9b. Taraaa…. Icon Laptop 2D sudah selesai.


Mudah bukan? Dengan memanfaatkan Shape Tool atau yang lainnya, kita bisa membuat lebih selain Icon 2d tadi, cukup simple dan terlihat menarik bukan? dengan perpaduan warna kita bisa membuat sesuai imajinasi, selamat mencoba….

Tags

Habily Ar-Ridho

Ingin menjadi Desainer dibidang Desain Grafis. Pasti ada sulitnya dan ada juga mudahnya. karna ide itu tidak murah dan karya bukan hanya bisa dipandang sebelah mata, karna itu ide harus dikembangkan agar kita bisa lebih mengerti. Tidak ada kata susah sebelum kita mencoba, meskipun selalu terjatuh, namun kita harus bisa kembali berdiri agar apa yang kita raih bisa dicapai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close