PHPPHP Dasar

Tutorial PHP Part 4: Cara Menjalankan File PHP Dengan XAMPP

Menjalankan File PHP

Saat ini kita sudah sampai pada tahap praktek langsung dengan PHP. Apakah anda merasa bingung bagaimana cara mengawali untuk bermain-main dan belajar PHP? Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu membuat folder baru dengan nama “belajarphpdasar” di folder htdocs pada XAMPP kita seperti gambar dibawah ini.

membuat folder baru
Buat foldernya dengan huruf kecil saja

Tidak perlu bingung terlebih dahulu, buat apa kita membuat folder baru didalam folder “htdocs” karena kita akan membahasnya dibawah ini.


Mengenal Folder htdocs di aplikasi XAMPP

Supaya kita bisa mengakses halaman PHP dari web browser, maka kita harus menempatkan file PHP di dalam folder khusus yang merupakan folder home dari web server.

Pada aplikasi XAMPP, folder tersebut bernama htdocs yang berada di dalam folder instalasi XAMPP. Jika anda tidak mengubah lokasi penginstalan XAMPP, yang berada pada defaultnya di C:\xampp (jika anda mengikuti tutorial sebelumnya), maka seharusnya folder berada di C:\xampp.

folder htdocs di aplikasi xampp

Kita bisa meletakkan file PHP didalam folder ini, supaya lebih memudahkan dalam mencari file, kita perlu membuat sebuah folder baru yang sudah kita buat diatas didalam folder htdocs ini. Karena saya sudah membuat folder dengan nama belajarphpdasar. Maka folder belajarphpdasar itulah yang akan kita gunakan untuk dijadikan sebagai tempat file PHP kita nantinya.


Menulis File PHP

File PHP pada dasarnya merupakan file text biasa yang dibuat menggunakan notepad bawaan dari windows, tapi untuk memudahkan kita dan untuk lebih banyak fitur yang keren, kita bisa menggunakan aplikasi text editor seperti Sublime Text, yang sudah kita bahas pada tutorial sebelumnya.

Sekarang kita akan mencoba untuk membuat file PHP yang berada difolder belajarphpdasar, silahkan kembali ke folder belajarphpdasar yang lokasinya berada di C:\xampp/htdocs/belajarphpdasar, kita akan membuat file baru dengan nama cobafile.php.

Silahkan ketikkan kode dibawah ini, untuk mengisi file yang kita buat:

<?php 
	echo "Saya sedang belajar PHP di iltekkomputer.com";
	echo "<br/>";
	echo "Hello world, belajar PHP itu mudah!";
 ?>

Jika sudah disave dengan nama cobafile.php yang lokasinya di C:\xampp\htdocs\belajarphpdasar\cobafile.php. Maka sampai tahap ini, kita sudah berhasil untuk membuat sebuah file PHP. Nah, untuk menjalankannya kita memerlukan web browser, entah itu Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.


Menjalankan File PHP

Jika web server (apache) belum aktif, silahkan anda aktifkan terlebih dahulu, seperti pada tutorial selanjutnya yang membahas Cara Meninstall XAMPP Untuk Menjalankan PHP.

Jika apache sudah aktif, silahkan buka web browser dan ketikkan alamat localhost/belajarphpdasar/cobafile.php pada address bar.

Jika anda mengikuti semua langkah-langkah yang ada diatas dengan benar, maka seharusnya tampilan di web browser akan seperti gambar dibawah ini:

menjalankan file php di xampp

Selamat! Kita sudah berhasil untuk menjalankan file PHP pertama kita di dalam tutorial ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk cara menjalankan file PHP sebelum tutorial kita kali ini berakhir:

  • Setiap file PHP harus ditulis dengan ekstensi/akhiran .php.
  • File PHP yang akan dijalankan harus berada pada folder C:\xampp\htdocs.
  • Penamaan file PHP tidak boleh menggunakan spasi dan lebih baik menggunakan huruf kecil. Untuk menggantikan spasi, anda bisa menggunakan underscore(_).

Sampai disini kita sudah mempelajari cara menjalankan file PHP pada XAMPP. Tahap selanjutnya, kita akan belajar mempraktekkan lebih banyak lagi kode PHP dengan berbagai fungsinya masing-masing. Dalam tutorial selanjutnya, kita akan membahas dan mempelajari tentang cara kerja web server terhadap kode PHP.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close