LinuxTutorial

Cara Menginstall Linux Deepin 15.8

Install Linux Deepin Versi 15.8

Selamat malam sahabat Iltekkomputer, bagaimana kabarnya dimalam hari yang sejuk ini? Semoga kalian semua sehat selalu. Yup, pada postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial cara menginstall linux deepin 15.8.

Deepin adalah distribusi Linux yang berkomitmen untuk menyediakan pengalaman yang elegan, user-friendly, aman dan stabil untuk seluruh pengguna di seluruh dunia. Deepin bukan hanya mengenai integrasi dan konfigurasi sistem operasi, tetapi juga mengembangkan beberapa aplikasi untuk keperluan sehari-hari seperti Deepin Store, Deepin Screenshot, Deepin Music, Deepin Movie, dan lainnya, bersama dengan Deepin Desktop dan Pusat Kontrol Deepin yang dibuat berbasis teknologi Qt. Deepin berfokus pada pengalaman yang user-friendly dan berdisain indah, sehingga sangat mudah untuk diinstal dan digunakan untuk sebagian besar pengguna dan dapat menggantikan Windows untuk bekerja dan bermain dengan sangat baik (Wikipedia).

Deepin yang akan saya pakai yaitu versi 15.8, dimana Deepin versi 15.8 ini adalah versi terbaru. Untuk mendownload Deepin, kalian bisa langsung men-download pada situs resminya yang beralamat di http://www.deepin.org.


Cara Menginstall Linux Deepin 15.8

Selama saya menggunakan sistem operasi Linux, saya baru menggunakan Deepin ini sekitar sebulan. Sebelumnya, saya hanya menggunakan Ubuntu, Kubuntu, Mint, Parrot, Elementary OS, Debian, dan Kali Linux. Maka dari itu, disini saya membuat cara menginstall linux deepin 15.8, karena menurut saya, Deepin ini tampilannya sangat elegan, dan jika kalian liat pada bagian taskbar di deepin ini, taskbar ini mirip seperti dock punya MacOS dan mungkin yang berbeda hanyalah efeknya saja.

Berbeda dengan distro Linux lain, browser default Deepin ini adalah Google Chrome, kebanyakan Linux lain default browsernya adalah Chromium atau Mozilla Firefox. Tapi di Deepin, justru Google Chrome yang menjadi default browsernya.

Tertarik untuk menginstallnya? Yuk kita masuk ke dalam tutorialnya, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengsintall Linux Deepin:

  1. Langkah awal, yang pasti kalian sudah harus men-download iso Deepin, saya asumsikan bahwa kalian semua sudah mendownloadnya.
  2. Buat bootable Deepin di flashdisk dengan menggunakan Rufus ataupun Universal USB atau software sejenisnya. Jika menggunakan CD, burn menggunakan CD Burner XP atau software sejenisnya.
  3. Jika sudah jadi, silahkan restart komputer kalian dan masuk ke mode BIOS. Biasanya dengan cara mencet tomol F1, F2, DEL, ESC, hal ini tergantung dari merk komputer/laptop yang kalian pakai.
  4. Jika sudah berada di BIOS, langkah selanjutnya adalah dengan men-setting booting awalnya menjadi flashdisk, coba kalian cari bacaan boot setelah itu letakkan USB: Sandisk (contoh merk flashdisk) di paling atas. Jika sudah selesai, silahkan save dan restart.
  5. Jika berhasil seharusnya tampilannya akan seperti dibawah ini. Silahkan klik Install Deepin.
    tampilan awal boot deepin
  6. Setelah itu akan muncul dilayar untuk memilih bahasa, silahkan pilih yang English, tersedia bahasa Indonesia tapi saya sangat menyarankan untuk memilih yang English. Bukan saya tidak menghargai negara kita, tapi jika kita memilih bahasa Indonesia, entah kenapa bahasanya hancur (susah dimengerti) disitu. Mungkin untuk bahasa Indonesia masih dalam perbaikan.
    pilih bahasa di deepin
  7. Selanjutnya, silahkan lengkapi form untuk mengisi identitas kita.
    mengisi identitas di deepin
  8. Sekarang, pilih time zone anda, sebenarnya di langkah ini, anda langsung klik next saja, karena Deepin otomatis mengetahui time zone kalian. Namun kalau tidak otomatis, kalian bisa menggantinya dengan manual.
    pilih time zone
  9. Selanjutnya, disini kita akan memilih dimana Deepin akan di-install. Pastikan kalian mempunyai space harddisk yang kosong untuk men-install Deepin. Jika ingin dual-boot misalnya dengan windows. Maka kalian harus membagi partisinya dulu.
    memilih partisi di deepin
  10. Sampai tahap ini, kita sedang dalam proses penginstalan Deepin.
    proses install deepin
  11. Klik Exprience Now untuk masuk desktop Deepin.
    proses install deepin selesai
  12. Setelah itu kalian akan ter-restart secara otomatis dan masuk ke lockscreen Deepin, seperti dibawah ini.
    locksreen di deepin

Dan berikut ini adalah tampilan dari desktop Deepin yang sangat elegan dan keren menurut saya:

tampilan desktop deepin

Bagaimana? Cantik bukan tampilannya, menurut saya juga Deepin ini ringan, karena ketika saya memakai 3 OS dalam satu laptop, deepin ini masih sangat terasa ringan.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close