Tutorial Laravel 5.7 Part 2 : Cara Menginstal Composer dan Laravel

Laravel  Dasar Part 2 : Cara menginstal Composer dan Framework Laravel 5.7– Halo Programmer, Salam sejahtera untuk kita semua. Pada tutorial sebelumnya kita sudah mengenal apa itu laravel, apa saja yang perlu dipersiapkan kita sudah mengetahui pada tutorial sebelumnya jika belum tau bisa membaca artikel nya di Tutorial Laravel 5.7 Part 1 : Pengenalan Laravel Dasar. untuk tutorial kali ini kita akan membahas cara menginstal composer dan laravel 5.7. untuk pertama kita akan menginstal composer terlebih dahulu.

Install Composer

Laravel menggunakan composer untuk mengelola dependensinya. Jadi, sebelum menggunakan Laravel, pastikan Anda memiliki Composer yang terpasang di komputer Anda.  cara menginstal nya yaitu :

Pastikan untuk terkoneksi internet nya terlebih dahulu.

1. Download Composer

Sebelum menginstal composer kita harus mendownload composer nya dengan membuka website composer di getcomposer.org. Gambar nya seperti ini

Tampilan website composer
Tampilan website composer

Kemudian klik Download -> lalu klik composer-setup.exe untuk versi windows.  atau bisa klik yang diberi kotak merah seperti gambar berikut .

 Klik Composer-Setup.exe
Klik Composer-Setup.exe

Kemudian setelah di download, buka Composer-Setup.exe nya di tempat folder download anda jika sudah dibuka akan seperti gambar berikut ini.

klik next
klik next

Kemudian klik next untuk di sini kita setting check file php nya di xampp, seperti gambar berikut ini  jika belum instal xampp nya bisa dengan cara menginstal xampp di Windows. 

klik next
klik next

Kemudian klik next selanjutnya klik instal dan sampai klik finish seperti gambar berikut ini.

klik next
klik next
klik instal
klik instal
tunggu selesai
tunggu selesai
klik finish
klik finish

Install Laravel

Versi Laravel saat ini yaitu versi Laravel 5.7 dan sudah menggunakan versi PHP 7 keatas. Untuk bisa menginstal Laravel nya kita harus  membuka dokumentasi Laravel nya di website Laravel. klik Documentation seperti Gambar berikut ini.

Website Laravel versi 5.7
Website Laravel versi 5.7

Selanjutnya buka command line search di komputer anda kemudian masuk ke directory Htdocs nya xampp dengan cara:

cd..

cd..

cd /xampp/htdocs

Seperti gambar berikut ini.

command line Mengarahkan ke directory htdocs xampp
command line Mengarahkan ke directory htdocs xampp

Kemudian kita membuat project laravel dengan mengetik seperti ini di command line.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

Nama blog adalah nama file project laravel nya anda bisa mengubah nya sesuai project yang anda inginkan tetapi disini kita biarkan nama file nya adalah blog lalu tekan enter. kemudian tunggu proses install nya selesai memang agak lama anda bisa sambil ngopi hehe, karena menginstal nya sesuai dengan kecepatan internet yang anda pakai.

Jika sudah selesai sampai Aplication key set succesfully / seperti gambar berikut ini yang berkotak merah berarti anda telah berhasil menginstal project laravel nya.

selesai menginstal project laravel
selesai menginstal project laravel

Untuk mencoba mengetest nya apakah laravel ini berjalan kan sudah membuat folder blog nya maka kita harus mengarahkan ke folder blog nya di command line dengan mengetikkan:

cd blog

sebelum menjalankan server localhost nya terlebih dahulu kita start apache dan mysql nya di xampp control panel

Setelah itu kita akan menjalankan nya dengan mengetikkan :

php artisan serve

Maka akan menjadi seperti ini di command line .

php artisan serve
php artisan serve

Kita akan mendapatkan url http://127.0.0.1:8000/ atau bisa juga mengetikkan http://localhost:8000/ di browser

Kemudian ketikkan url nya di browser kesayangan anda kalau saya menggunakan chrome maka jika di masukkan url nya menjadi seperti gambar berikut ini.

tampilan web project laravel
tampilan web project laravel

Untuk sampai disini kita sudah selesai untul menginstal dan menjalankan project laravel yang sudah kita buat, tetapi cara membuka file nya bagaimana ? kita akan membukanya di dalam Visual Studio Code kita buka command line nya lagi jika sudah menginstal visual studio code nya kita ketikkan :

code ./

Untuk mengingatkan sebelum mengetik code ./ kita pastikan sudah mengarah ke dalam folder project laravel anda , jika sudah mengarah ke folder project laravel nya kita tekan enter . Maka akan terbuka visual studio code nya, untuk yang belum menginstal Visual studio code nya saya sudah membuat artikel khusus untuk menginstal Visual studio code nya dan juga extension populernya link nya disini :

1. Cara Menginstall Visual Studio Code di Windows

2. 10 Extension Visual Studio Code untuk Pemula

Jika sudah maka tampilan struktur laravel di Visual Studio Code nya seperti gambar berikut ini :

tampilan struktur file di VSCode
tampilan struktur file di VSCode

Banyak sekali ya struktur file nya, lalu bagaimana cara memahami strukrur file nya ? kita akan bahas pada tutorial selanjutnya secara bertahap tetapi sebelum mengetahui struktur nya lebih baik anda harus memahami dasar dasar nya seperti: dasar html, dasar css, dasar javascript, dan dasar PHP. yang paling penting adalah memahami Konsep OOPHP (Object Oriented PHP) dan konsep MVC (Model View Controller) nya karena kalau tidak bisa memahami kita tidak akan mudah untuk mengerjakan project menggunakan framework laravel ini malah akan memperlambat jadi kita harus memahami itu terlebih dahulu.

Demikian tutorial Laravel 5.7 part 2 ini, kita sudah membahas cara menginstal composer dan cara menginstal project blog laravel nya. Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas sedikit demi sedikit memahami konsep dan struktur yang ada di framework laravel.

 

Default image
Nabil
I am a person who likes to learn a lot of new things, always trying to solve new things in a more efficient way and what I like most is Error, because in that error we can overcome the problem and can learn from the experience of the error. :)

Leave a Reply