LinuxNetworkTutorial

Cara Mengganti Hostname di Linux

Ganti Hostname di Linux

Cara Mengganti Hostname di Linux – Selamat malam semuanya, pada artikel kali ini saya mau buat tutorial tentang bagaimana sih cara mengganti hostname di linux. Emang penting ya ganti hostname? Kan hostname cuma sebagai nama komputer kita doang. Ya menurut saya si penting gak penting deh, karena ketika kalian memilih username misalnya brianharris dan lupa mengganti nama komputer kalian. Maka nanti di terminal namanya adalah brianharris@brianharris-pc:~$. Terlihat agak jelek, bukan? Nah brianharris-pc itu merupakan hostname yang akan kita ganti, karena hostname-nya sama dengan username kita yaitu brianharris.

Hostname adalah nama komputer yang berguna untuk mengenali sebuah perangkat komputer yang terhubung dalam jaringan dengan mengindentifikasi hotsname tersebut.  Pemberian hostname ini spesifik, untuk satu komputer saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.

Hostname biasanya diberikan ketika kita sedang instalasi sebuah operating system, entah itu windows ataupun linux. Sebenarnya hostname sendiri mempunyai fungsi yang sebagian pengguna tidak mengetahuinya, sehingga mereka membuat hostname ini asal-asalan.

Nah jika kalian menggunakan hostname yang tidak jelas atau asal-asalan, maka kalian tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini lah kita akan membahasnya cara mengganti hostname di linux.


Cara Mengganti Hostname di Linux

Distro Linux yang saya gunakan adalah Linux Deepin, jika kalian menggunakan Ubuntu, Kali Linux, Parrot, Debian, Mint, kalian bisa mengikuti cara ini karena memang caranya sama. Tapi jika kalian menggunakan distro lain mungkin seperti CentOS, itu saya kurang tau. Jadi, kalian coba dulu saja ya.

Nah cara mengganti hostname di linux itu caranya seperti dibawah ini:

Pertama kita buka dulu terminalnya, lalu ketikkan perintah dibawah.

sudo hostname nama_hostname_baru

Setelah di tekan ENTER, maka hostname langsung berubah dengan cepat. Eits, tapi cara diatas hanya untuk sementara saja. Artinya, kalau kalian restart komputer/laptop kalian, maka hostname akan kembali seperti semula. Nah, jika kalian ingin menggantinya secara permanen, kalian bisa mengikuti langkah dibawah ini.

sudo nano/etc/hostname

Dan isi dengan hostname baru, setelah itu pencet CTRL + O untuk menyimpan dan tekan ENTER untuk konfirmasi penyimpanan, tekan CTRL + X untuk keluar dari editor nano.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengubah file hosts, ketikkan kode seperti ini di terminal:

sudo nano/etc/hosts

ganti hostname lama dengan hostname yang baru sesuai dengan hostname yang anda setting di nano /etc/hostname.

mengganti hostname di linux

Jika udah pencet CTRL + O dan tekan ENTER untuk konfirmasi penyimpanan, untuk keluar pencet CTRL + X.

Nah, sampai sini kita sudah berhasil untuk mengganti hostname di linux, coba kalian buka terminal baru untuk melihat hasilnya. Jika belum berubah, silahkan restart terlebih dahulu laptop/komputer kalian.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close