InternetNetworkTeknologiTutorialWindows

Begini Cara Mengatasi Wifi No Internet Access

Mengatasi Wifi No Internet Access

Cara Mengatasi Wifi No Internet Access – Penggunaan Internet pada jaman sekarang, tidak lagi hanya menggunakan kabel LAN saja tapi menggunakan sebuah teknologi jaringan nirkabel/wireless (sinyal atau frekuensi). Setelah itu harus mempunyai perangkat keras yang support untuk menggunakan jaringan wifi ini, biasanya menggunakan access point atau yang lebih sering dikenal dengan router.

Jadi pada artikel ini saya ingin memberikan tutorial cara mengatasi wifi no internet access menurut pengalaman saya sendiri. Ketika saya ingin mengkonekkan wifi ternyata terdapat sebuah masalah yaitu wifi no internet access. Sebenarnya saya sempat bingung karena sebelumnya belum pernah mengalami hal ini. Setelah itu, ketika saya mencoba-coba berbagai cara, akhirnya permasalahan yang saya alami teratasi.

Nah, makanya disini saya ingin memberikan tipsnya yang berhubungan dengan masalah dalam penggunaan jaringan wifi, saya menggunakan menggunakan windows 10 dan menggunakan wifi dari @wifi.id. Permasalahan yang muncul wifi “No Internet Access” atau wifi “No Internet, Open” pada windows. Langsung saja kita tebas tuntas permasalahan ini.


Cara Mengatasi Wifi No Internet Access

Jaman sekarang memang teknologi semakin berkembang, tapi dalam teknologi tersebut khususnya teknologi ini yang menggunakan jaringan nirkabel pasti tidak selalu berjalan dengan baik, dalam artian adalah pasti akan atau pernah ada masalah didalamnya, salah satu nya adalah No Internet Access. Baiklah mending langsung saja ya kita masuk ke dalam tutorialnya, simak tutorialnya bersama-sama dibawah ini.

Cara Pertama

  1. Pastikan anda sudah terkonek dengan wifinya walaupun terdapat bacaan/notice “No Internet Access”, setelah itu klik kanan icon wifi kemudian pilih Open Network and Internet Setting.
    open network and internet setting
  2. Setelah itu pilih Change Adapter Options.
    change adapter options
  3. Pilih Ethernet yang anda gunakan untuk Internet anda, lalu klik kanan dan klik properties.
    pilih ethernet internet
  4. Nah jika sudah, maka akan muncul jendela baru lagi, silahkan anda cari dan klik dua (2) kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
    pilih internet protocol version 4
  5. Silahkan anda pilih Use the following IP address dan isi IP terserah anda atau isi saja dengan 192.168.1.12 setelah itu klik OK (atau isi asal-asal saja asalkan IP addressnya valid).
  6. Nah tunggu sampai beberapa menit, kemudian anda kembalikan lagi pengaturannya seperti semula yaitu Obtain an IP address automatically dan coba hubungkan kembali ke wifi anda.

Cara diatas tidak berhasil? Hmm… Saya masih memiliki satu cara lagi dan cara ini berhasil juga pada saya. Sebenarnya, cara ini hampir sama, yaitu anda harus masuk ke bagian no.3 pada cara pertama. Untuk lengkapnya, silahkan simak dibawah ini.

Cara Kedua

Seperti yang saya bilang diatas, silahkan anda lakukan cara pertama sampai no.3 atau sampai bagian ethernet saja, kemudian klik kanan dan pilih disable.

disable ethernet

Jika sudah, tunggu sekitar 1-2 menit setelah itu silahkan anda enable kan kembali.

enable ethernet

Sekarang, coba hubungkan dengan wifi anda, dan lihat hasilnya.


Bagaimana, caranya sangat mudah, bukan? Kedua cara diatas berhasil saya terapkan ketika saya mengalami hal tersebut, semoga kalian yang mengalami hal sama seperti saya cepat teratasi dengan baik.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close