TutorialWindows

Cara Mengatasi Kapasitas Flashdisk Berkurang

Size Flashdisk Berkurang

Cara Mengatasi Kapasitas Flashdisk Berkurang –  Pada postingan kali ini saya ingin membuat artikel mengenai cara mengatasi kapasitas flashdisk berkurang. Pernahkah kalian mengalami permasalahan ini? Dimana ukuran flashdisk seharusnya 30GB tapi ukurannya berkurang menjadi 2GB misalnya. Hal ini memang cukup banyak orang yang mengalaminya, jika anda juga sama yaitu mengalami hal flashdisk berkurang ukurannya, maka kalian tidak usah khawatir, karena kalian berada di artikel yang tepat sekarang ini.

Sebenarnya cara untuk mengembalikkan ukuran flashdisk yang berkurang sizenya tidak lah susah, kita hanya perlu sabar dan jangan panik. Disini, saya ingin cerita sedikit mengapa flashdisk saya bisa berkurang ukurannya dari 30GB sampai sekitar 2GB-an.

Hal ini karena saya habis install OS Linux di dalamnya, setelah beberapa hari saya menyadari bahwa ukurannya berubah menjadi sangat sedikit, dan ISO Linux lah yang saya jadikan tersangka. Sebab, size flashdisk berubah/berkurang ketika saya menginstall OS Linux.

Berikut ini adalah screenshot flashdisk saya yang mengalami hal tersebut

flashdisk size berkurang


Cara Mengatasi Kapasitas Flashdisk Berkurang

Flashdisk dengan ukuran 30GB sudah sangat cukup untuk menyimpan data-data penting seperti gambar, musik, video, jenis file, dan lainnya. Tidak usah lama-lama, mending kita langsung masuk aja ke tutorialnya.

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan anda sudah mempunyai software yang bernama HDD Guru Low Level Format. Jika belum, silahkan download softwarenya disini dan silahkan simak tutorial dibawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu anda harus mencolokkan flashdisk terlebih dahulu.
  2. Jalankan software HDD Guru Low Level Format. Jika pilihan, klik saja Continue For Free.
  3. Pilih Flashdisk atau USB anda yang error
    pilih flashdisk
    Jika sudah  klik Continue.
  4. Setelah itu kalian masuk ke tab LOW-LEVEL-FORMAT dan klik FORMAT THIS DEVICEformat flashdisk yang errorPilih Yes jika ada pilihan.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai seperti pada gambar dibawah ini
    proses format flashdisk
  6. Jika sudah selesai prosesnya, sekarang coba kalian lihat ukuran flashdisk yang tadi error
    size flashdisk sudah kembali semula

Selamat! Size flashdisk anda yang error, kini sudah teratasi hanya dengan mendownload sebuah aplikasi. Coba kalian bandingkan foto pertama dengan foto yang terakhir.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close