TutorialWindows

Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Drive Device Driver is Missing Saat Menginstall Windows

Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Drive Device Driver is Missing Saat Menginstall Windows

error load driver

 

Pada artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi error a required cd/dvd drive device driver is missing saat ingin menginstall windows. Jadi kemarin, ketika teman saya meminta tolong untuk menginstall ulang laptopnya, saya menemukan error seperti itu, makanya disini saya ingin memberikan tutorialnya bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.
Seperti yang anda tau bahwa windows merupakan sistem operasi yang sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Pasti hampir semua perusahaan menggunakan windows sebagai sistem operasi utama mereka. Karena memang menurut saya windows sudah menjadi sistem operasi yang standar untuk orang-orang semuanya.
Banyak orang yang menggunakan windows namun hanya sekedar menggunakan (user) sehingga ketika ada masalah terjadi, user tersebut kurang paham cara mengatasinya. Ada juga orang yang mengerti dibidang komputer sehingga ketika ada masalah, orang tersebut mengerti/mengetaui seluk beluk dari permasalahan di komputer yang mereka alami.
Biasanya orang melakukan install ulang sistem operasi karena beberapa alasan, diantaranya yaitu sudah banyak virus yang susah untuk dihilangkan walaupun dengan bantuan software sekalipun. Jadi dengan menginstall ulang, windows kita akan kembali seperti normal.

Penyebab Terjadinya Error a Required CD/DVD Drive Device Driver is Missing

1. Port USB tidak dikenal

Error ini terjadi karena windows tidak dapat mengingat port USB yang berisi bootable windows, sehingga dia bingung mencarinya.

2. Pengaturan pada BIOS

Anda bisa mengecek pengaturan pada bios, dan untuk masuk ke bios bisa dengan cara menekan tombol F1, F2, ESC, DEL, atau dikombinasikan dengan tombol FN, misalnya FN + F1. Silahkan disesuaikan dengan masing-merk laptop anda karena setiap laptop pasting berbeda-beda atau jika anda menggunakan pc, sesuaikan dengan motherboard yang kalian gunakan.
Setelah anda berhasil masuk kedalam bios, kemudian anda kik menu booting dan pilih Boot Device Priority, setting sesuai dengan device yang akan anda gunakan untuk instalasi windows anda (dari DVD atau USB Flashdisk) jika anda misalnya menggunakan flashdisk, setting supaya flashdisk berada pada urutan paling atas, caranya tergantung pada laptop yang kalian gunakan, biasanya menggunakan tombol F5 dan F6.

3. File windows rusak

Hal ini juga bisa terjadi pada rusaknya file instalasi windows yang anda buat, coba anda buat bootable baru.

Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Drive Device Driver is Missing

Silahkan kalian ikuti tutorialnya seperti dibawah ini:

 

  • Jalankan proses instalasi seperti biasa.
  • Setelah muncul bacaan “Install Windows” kalian tekan SHIFT + F10 secara bersamaan, maka akan muncul Command Prompt atau yang lebih sering dikenal dengan CMD.
  • Setelah cmd sudah terbuka, ketikkan perintah dibawah ini.
X:Sources > diskpart
CMD akan memberikan tampilan DISKPART.
diskpart
DISKPART> list disk
Setelah anda mengetikkan perintah ini, maka cmd akan memberikan daftar disk atau partisi yang dapat anda gunakan untuk melanjutkan proses. Pada kasus seperti ini bisa jadi anda diberitahukan dengan informasi beberapa disk, contohnya disk 0, disk 1, disk 2, disk 3.
DISKPART> select disk 0
Selanjutnya silahkan disesuaikan, jika disk 0 merupakan partisi yang telah anda tentukan untuk persiapan menginstall sistem operasi pada sistem (Drive C), jika anda memiliki partisi yang berbeda, maka silahkan disesuaikan.
DISKPART> clean
Perintah ini berfungsi untuk membersihkan disk yang kita pilih agar bisa/siap untuk diinstall windows
DISKPART> create partition primary
Pada perintah ini berfungsi untuk membuat sebuah partisi yang spesifik untuk tempat installnya windows
DISKPART> format fs -ntfs quick
Perintah ini berfungsi untuk melakukan format file sistem yang akan digunakan sistem operasi
Jika semua sudah selesai, silahkan tutup cmdnya dan restart laptop setelah itu kalian jalankan instalasi seperti biasa.
Semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close