Cara Agar Peforma Laptop Stabil dan Tidak Lemot Pada Windows

Cara Agar Peforma Laptop Stabil dan Tidak Lemot Pada Windows  – Halo sahabat iltekkomputer, di era modern ini laptop sudah menjadi salah satu alat yang bisa membantu kita dalam mengerjakan tugas. Tapi terkadang kita cukup resah dan terbawa suasana emosi, salah satu hal yang paling umum adalah masalah “lemot”. Disaat sedang mengerjakan tugas apapun dan lagi pula di waktu deadline. Tiba – tiba laptop mengalami lag berkepanjangan yang buat kita semakin mengulur waktu dan diharuskan keluar dari program atau melakukan restart.

Salah satu masalah lag kemungkinan anda memiliki software yang banyak atau beberapa program yang memiliki kapasitas tinggi. Itu juga mempengaruhi kinerja laptop anda lho. Supaya masalah lag dapat teratasi bukan hanya dengan “Klik Kanan” pilih “Refresh” ya ahahaha kalo cara itu mah udah lama.

Nah pada kesempatan ini saya mau membagikan pengalaman soal masalah lag di Laptop/PC. Bisa kalian simak pembahasnnya dibawah.


1. Mengatur Peforma Pada Tampilan Laptop

Cara pertama adalah mengatur peforma pada tampilan laptop, cara ini saya rekomendasikan untuk anda yang memiliki laptop standar dan memiliki program yang cukup besar. Cara penggunaanya cukup mudah kok, jadi ikuti langkah ini ya

  • Pertama, klik icon “Windows” lalu cari dengan nama “View Advanced System Settings
  • Kedua, pilih “Advanced” dan pada menu Performance klik “Settings
  • Dan klik “Visual Effect” setelah itu ikuti caranya dibawah ya

Noted : Anda juga bisa mengaturnya sesuai dengan kemauan sendiri

2. Membersihkan Disk

Langkah kedua, membersihkan disk atau penyimpanan di laptop. Cara ini juga bisa membuat laptop anda menjadi lebih lancar dan ruang penyimpanan akan menjadi rapih kembali.

  • Pertama, masuk ke “File Manager” dan klik kanan pada “System(C:)” lalu pilih “Properties
  • Kedua, pada menu General klik “Disk Cleanup” dan tunggu sampai Disk selesai menghitung ruang
  • Setelah itu, pilih file seperti “Temporary File, Thumbnails, System Error Memory Dump Files” dan klik OK

Noted : Anda juga bisa memilihnya sesuai dengan kemauan sendiri

3. Menghapus Program Yang Tidak Digunakan

Jangan sampai ada banyak program yang sudah tidak dipakai tapi masih ada di desktop anda, karna itu juga menjadi penyebab laptop menjadi lemot dan membuat program semakin berat saat dijalankan. Cara menghapus programnya sangat mudah, yaitu dengan :

  • Pertama, membuka Control Panel di pencarian
  • Kedua, pilih Programs
  • Dan terakhir Unninstall beberapa program yang sudah tidak anda gunakan lagi

4. Matikan Beberapa Startup di Laptop/PC

Startup saat laptop menyala itu biasanya ada saja yang tiba-tiba muncul beberapa aplikasi tanpa dipanggil, nah itu juga harus anda perhatikan ya karna itu akan mempengaruhi sistem kerja Laptop/PC menjadi lambat. Cara mematikan Startupnya ikuti gambar dibawah ini :

  • Pertama, klik kanan pada taskbar dan pilih “Task Manager
  • Kedua, pilih “Startup” dan matikan beberapa aplikasi yang tidak ingin dimunculkan dengan klik kanan dan pilih “Disabble

5.  Optimalkan Perangkat

Pengoptimalan perangkat biasanya bisa dilakukan secara otomatis atau manual ya, nah gunanya pengoptimalan perangkat adalah untuk menjaga kestabilan dan keadaan harddisk pada Laptop/PC karena ia mampu melancarkan boot sector dalam harddisk ataupun error program.

  • Caranya pertama, masuk ke “File Manager” dan klik kanan “System(C:)” lalu pilih “Properties
  • Kedua, pilih menu “Tools” dan pilih di Optimize and Defragment Drive, setelah itu klik “Optimize
  • Lalu anda klik “System(C:)” dan pilih “Analyze” setelah itu klik “Optimize

Noted : untuk penggunaan ini juga bisa dilakukan secara otomatis 


Jadi itulah cara yang biasanya saya gunakan untuk melancarkan kinerja pada Laptop/PC, dengan begitu beberapa program akan kembali berjalan dengan lancar dan menjadi tidak terlalu lambat. Oh iya misalkan kinerja pada Laptop/PC anda belum berjalan lancar boleh juga menggunakan cara Downgrade System, yang gunanya untuk tidak memakan ruang pada laptop nantinya.

Default image
Habily Ar-Ridho
Seseorang yang ingin menjadi Desainer.

Leave a Reply