Berkarir Sebagai Programmer? Banyak Keuntungannya!

Di masa sekarang banyak sekali peluang karir dengan berbagai jenis profesi, salah satunya adalah berkarir sebagai programmer. Tentu sangat menguntungkan menjadi programmer pada saat ini karena semuanya sudah menggunakan teknologi, sehingga permintaan akan jasa programmer sangat tinggi.

Semakin banyaknya perusahaan teknologi startup ataupun e-comerce di Indonesia. Sebanyak 26 juta pekerja kini didominasi oleh programmer. Gambaran ini cukup jelas sebagai jaminan, bahwa memilih profesi programmer sangat menjanjikan.

Jika Anda memiliki passion di bidang teknologi, khususnya di bidang pemrograman dari sekarang Anda bisa mempelajari dasar-dasarnya atau bahkan pelatihan khusus dan pendidikan secara formal. Anda juga harus mulai menyukai kegiatan membaca dokumen-dokumen panjang.

Pasalnya, seorang programmer sering bergelut dengan dokumen-dokumen panjang. Selain itu Anda harus menguasai bahasa inggris, minimal pasif, karena dokumen yang biasanya ditangani oleh para programmer dalam bahasa inggris. Selain itu, Anda harus mengetahui tugas jika berkarir sebagai programmer.

Tugas Sebagai Programmer yang Perlu Diketahui

Jika Anda menginginkan menjadi programmer yang profesional, maka Anda harus siap dengan segala tantangan yang akan Anda hadapi. Sebab, Anda harus bertanggung jawab atas program yang Anda akan kembangkan. Entah kelak program itu berhasil atau gagal, Anda harus tetap kuat.

Seblumnya, Anda harus mengetahui dengan benar apa saja tugas yang akan Anda emban jika berkarir sebagai programmer. Di antara banyaknya tugas sebagai programmer, terdapat dua tugas utama yaitu full stack developer yang juga merangkap sebagai fronted developer, backend developer, dan data scientist.

Ketiga tugas di atas sangat berbeda, namun saling melengkapi. Full stack developer dan fronted developer, mereka bertugas pada interface suatu program. Secara jelasnya adalah mereka sebagai penerjemah komunikasi antar klien dengan server yang bertujuan untuk menyederhanakan implementasi dan perbaikan software.

Backend developer adalah mereka yang lebih banyak bekerja di balik layar dalam mengembangkan sebuah sistem website. Dan data scientist adalah membuat machine learning untuk memprediksi masa depan dengan memanfaatkan pola sebuah data.

Keuntungan yang bisa Didapat Jika Menjadi Programmer

Pembahasan ini tidak akan sempurna tanpa membahas mengenai keuntungan berkarir sebagai programmer. Tentu informasi ini yang paling Anda tunggu-tunggu. Kami akan membahas empat keuntungan menjadi programmer, yaitu.

  • Penghasilan Tinggi
    Penghasilan tinggi ini sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan akan jasa programmer karena semakin berkembangnya perusahaan yang mengembangkan teknologi di Indonesia. Perusahaan sekelas unicorn bahkan membayar para programmer dengan harga tinggi, termasuk level junior.Gaji programmer di Indonesia rata-rata adalah 7-25 juta per bulannya. Itu adalah salah satu alasan banyak orang yang ingin menjadi programmer di masa kini.
  • Peluang Kerja Tinggi
    Jelas saja peluang kerja sebagai programmer tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan programmer di banyak perusahaan. Bahkan beredar anekdot yang mengatakan jika seorang programmer bahkan tidak pernah mengirim CV atau resume, namun langsung mendapat penawaran dari platform perusahaan terkenal.Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir berkarir sebagai programmer karena tidak akan kekurangan lapangan pekerjaan.
  • Masa Depan Menjanjikan
    Dengan penghasilan tinggi dan kebutuhan jasanya selalu dicari, masa depan programmer jelas sangat menjanjikan. Apalagi jika Anda terus mengasah skill dalam bidang pemprograman tersebut.
  • Membuat Startup Sendiri
    Ini adalah keuntungan terbesar berkarir sebagai seorang programmer, yaitu mereka mampu membuat perusahaan startup sendiri. Banyak para programmer yang tertantang membuat perusahaan sendiri dari nol atau bekerja sama dengan rekannya membangun perusahaan dari nol.Anda bisa menjadi leader/bos dan tidak perlu bekerja kepada orang lain. Mengelola perusahaan sendiri, mengembangkan program sendiri, dan tentunya Anda dapat memperoleh penghasilan yang sangat melimpah jika berkarir sebagai programmer.
Default image
Brian Harris
Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Leave a Reply