Belajar Otodidak vs Belajar Formal

Halo sobat iltekkomputer, by the way saya mau membahas ini karna banyak dari kita yang menanyakan lebih baik belajar secara otodidak atau melalui belajar formal ?? . Sebelumnya belajar adalah salah satu hal penting untuk mencapai suatu pintu kesuksesan yang berpeluang besar bagi kehidupan kita.

Proses dalam belajar akan menimbulkan banyak hal penting, seperti kreatifitas, kemampuan memecahkan masalah, meningkatkan pola pikir dan disiplin terhadap target. Tapi manakah yang lebih baik ? Belajar Otodidak ? atau Belajar Formal ?…


Belajar Itu Penting!!

Belajar Itu Penting

Saat kita ingin mengetahui sesuatu baik secara langsung atau tidak, pasti kita akan mencari sampai titik temunya, yaitu dengan belajar. Nahh sama halnya kita mencari tau bagaimana cara membuat desain ? bagaimana cara mengaplikasikannya di dunia maya ? atau bagaimana cara menghasilkan sebuah karya ?.

Pasti kita ingin tau banyak soal itu kan?? Memang apa si yang membuat Belajar Otodidak dan Belajar Formal itu berbeda ?

Belajar secara formal atau otodidak itu tergantung dari kalian masing-masing ya, kalau menurut saya dalam proses belajar otodidak itu bisa menambah ilmu baru dan wawasan lebih luas dibandingkan secara formal, kenapa? Kalo saya pribadi mengenai belajar formal itu melalui tahap pembelajaran dari The Master (Guru), yang memberikan informasi dan edukasi secara terukur dan akurat secara tajam… setajam silet!! selain itu membuat kita memiliki khasrisma dalam ingin mengetahui banyak hal.

Dan jika belajar otodidak atau formal itu sesuai pemahaman kalian masing-masing, dari mana yang lebih efektif dan mana yang lebih menguntungkan bagi kalian.


Otodidak vs Formal

Jeng jeng ini dia yang ditunggu tunggu lebih baik mana antara otodidak atau formal, setiap belajar melalui apapun pasti ada manfaat dan kekurangannya. Jadi maklumi aja ya sobat… hehe canda 😀

A1. Kelebihan Belajar Otodidak

  • Waktu Belajar, waktu kita dalam belajar formal itu sudah ditentukan dan berbeda dengan otodidak karna yang menentukannya kita sendiri. Jadi gunakan waktumu sebaik mungkin untuk menciptakan hasil yang maksimal.
  • Memperluas Pola Pikir, saat belajar kita pasti ingin tau banyak hal baru untuk menambahkan pengetahuan kita.
  • Menjadi Pribadi yang Mandiri, sadar atau tidak kita akan melalui fase ini yaitu mandiri, karna kita akan bebas mencari tau secara luas tanpa didampingi oleh seorang The Master (Guru). Dan disaat ini pula kita akan belajar banyak hal tentang apa yang kita sukai.
  • Lebih Mudah Dipahami, bagi saya pribadi saat belajar sendiri itu lebih mudah dipahami dan dicerna oleh otak ya.

A2. Kekurangan Belajar Otodidak

  • Sulit Bertanya, saat kita belajar mandiri pasti mendapat rintangannya yaitu susah untuk bertanya kepada sesama teman seperjuangan (yang sama pikiran).
  • Bingung dan Bimbang Saat Belajar, terkadang ada saja halangan saat kita mulai belajar otodidak, seperti bingung mau mulai darimana dan seperti apa.

B1. Kelebihan Belajar Formal

  • Belajar dari Dasar, sang The Master (Guru) akan mengajarkan kita dari awal sampai akhir, yang tentunya juga akan berguna bagi kita kedepannya.
  • Belajar dengan Tim, dalam kelas kita tidak hanya belajar sendiri tapi juga dengan (tim) atau teman sebangku kelas kita, dengan begitu kita juga lebih mudah untuk bertanya.
  • Mengembangkan Potensi, para pelajar akan mendapatkan bagiannya masing-masing dengan cara diberikannya sebuah potensi untuk menjadi apa kedepannya.

B2. Kekurangan Belajar Formal

  • Sulit Berekreasi, saat belajar formal juga ada kendala kesulitannya yaitu saat kita diberikan tugas yang membuat kita tertunda dalam berkreasi.
  • Sedikit Pengalaman, by the way ini menurut saya pribadi ya, karna selama belajar formal soal pengalaman saya juga tidak banyak dan hanya itu saja yang dipahami.

Mengenai baik antara belajar Formal atau Otodidak itu tergantung kalian masing-masing ya mau memilih darimana.

Default image
Habily Ar-Ridho
Seseorang yang ingin menjadi Desainer.

Leave a Reply