Ada Fitur Baru Nih di Canva [Remove Background]

Halo Sobat Iltek, kali ini saya akan memberikan tips & tutorial menggunakan fitur baru canva yaitu Remove Background. Sebelum mengarah ke fitur nya, lebih baik kita mengenal Canva terlebih dahulu. Apa itu Canva ? Canva adalah sebuah platform tools online yang memungkinkan kamu membuat grafik yang bagus dengan mudah. Hal ini memungkinkan Kamu untuk membuat berbagai desain grafis seperti postingan facebook, postingan twitter, header email, infografis, poster, dll.

Salah satu fitur dari canva yang akan kita bahas yaitu Remove Background. Fitur Remove background ini adalah fitur baru dari canva, oleh karna itu fitur ini masih banyak bug dan masih terus dikembangkan oleh canva. Oke langsung saja kita praktekkan sekaligus mengenal fitur baru Remove background. yukk simak tutorial nyaa.

Daftar Isi : 

Copy Image untuk mengambil contoh gambar

Pertama, cari contoh gambar terleih dahulu untuk mencoba fitur remove background, tetapi gambar yang akan dibuatkan contoh disarankan ada objek gambar dan ada latar belakang / background nya ya. caranya pergi ke mbah google , kemudian ketik keyword atau kata kunci kamu untuk mencari gambar yang kamu inginkan, pilih tab gambar agar terlihat hanya kumpulan gambar saja. Pilih salah satu gambar yang diinginkan, lalu klik kanan “Copy Image“. Seperti gambar dibawah ini.

Copy Image Canva
Copy Image

Setelah di-copy, Buka Canva-nya untuk membuat project baru diwebsite Canva atau diaplikasi Canva.

Paste Gambar ke Project Canva

Setelah dibuat project Canva nya, Kemudian Paste kan Gambar yang sudah di-copy image nya dengan menekan “Ctrl + V” Jika sudah dipastekan makan akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Paste Gambar ke-project canva
Paste Gambar ke-project canva
Pilih Efek dan Background Remover

Setelah di pastekan gambar nya, Ini yang ditunggu2 untuk kita bahas yaitu fitur remove background. Fitur Background Remover ini adalah Fitur ajaib dari canva, dengan fitur ini kamu bisa memangkas semua background yang ada dan menghasilkan satu objek yang terfokuskan.

Tetapi masih ada kelemahan dari fitur ini yaitu jika ada warna yang samar – samar maka akan terpangkas juga, tetapi kamu jangan khawatir untuk perkembangan sekarang didalam artikel ini sudah terdapat solusi untuk mengatasi masalah tersebut . Kamu klik Background Remover nya pasti akan ada proses untuk memangkas, ketika sudah selesai terpangkas jika gambar yang kamu ingin remove background nya tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, kamu bisa lihat disebelah kiri muncul tombol pilihan Hapus dan Pulihkan. ini ajaib nya lagi kamu bisa Pulihkan gambar yang terpangkas otomatis tadi untuk menyempurnakan gambar yang ingin kamu remove background nya. Contoh nya Seperti Gambar berikut ini:

Pilih Fitur dan Remove Background
Pilih Fitur dan Remove Background
Sempurnakan Gambar yang di remove

Pilih Fitur yang ada di Navigasi – Kemudian pilih Background Remover, tunggu hingga selesai untuk memangkas background nya. Jangan lupa pastikan juga Internet Kamu lancar ya agar remove background nya bisa lebih cepat diproses dan tidak Gagal. Setelah selesai untuk dipangkas maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini:

Pulihkan Gambar
Pulihkan Gambar

Nah kebetulan sekali nih gambar diatas tidak sempurna memangkas nya, karena huruf C nya sebagian ikut terhapus, Solusinya yaitu dengan Tombol “Pulihkan“, kemudian atur ukuran bulatan agar sesuai dengan titik yang ingin dipulihkan. untuk Pulihkan dan Hapus ini sama ya cara penggunaan nya, yang berbeda hanya fungsinya saja Pulihkan untuk memulihkan dan Hapus untuk menghapus hehe. Seleksi bagian yang ingin dipulihkan dengan menekan dan geser pelan pelan jika sudah dirasa cukup kemudian Pilih Selesai diNavigasi nya. Seperti gambar dibawah ini:

Pilih Selesai
Pilih Selesai
Selesai Remove Background

Jika sudah pilih selesai maka selesai sudah juga tutorial ini hehe. Setelah pilih selesai maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini Hasilnya:

Hasil dari Remove Background
Selesai Remove Background.
Hasil dari remove Background
Hasil dari remove Background

Cukup mudah dan ajaib bukan? fitur ini memang sangat membantu sekali untuk mendesain seperti mengedit Pas photo dengan ini kamu cukup menunggu keajaiban dari fitur ini saja maka photo kamu akan mudah untuk memangkas background yang rumit sekalipun. memang cocok untuk membuat usaha pas photo hehe. dengan selesai membuat remove background nya maka selesai juga tutorial kali ini. Terima kasih sudah mengikuti tutorial ini , mohon maaf apabila penjelasan nya masih kurang dan apabila ada pertanyaaan jangan sungkan sungkan untuk meninggalkan komentar ya. Dah Sobat Iltek Sampai jumpa di tutorial yang lain 🙂 .

Default image
Nabil
I am a person who likes to learn a lot of new things, always trying to solve new things in a more efficient way and what I like most is Error, because in that error we can overcome the problem and can learn from the experience of the error. :)

Leave a Reply