LinuxNetwork

6 Hal yang harus dilakukan setelah install Kali Linux

6 Hal yang harus dilakukan setelah install Kali Linux

Kali Linux merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat open source (terbuka) dan sangat populer juga digunakan selain Windows dan Macintosh. Sistem Operasi (Linux) ini sering digunakan oleh para Programmer maupun Hacker, karena sifatnya yang terbuka atau open source, sehingga para Programmer atau Hacker dapat mengubah/memodifikasi/mengoprek secara bebas.

Secara default, ketika kita menginstall Kali Linux, OS ini hanya “polos/kosong” alias tidak ada isinya untuk menjadikan OS ini untuk keseharian kita. Kebanyakan seseorang yang baru saja bermigrasi dari Windows ke Linux (entah linux ubuntu, linux mint, debian, kali linux) pasti kalian akan sedikit bingung menggunakannya, bukan?¬† Tenang saja, karena anda dapat mulai menggunakan Kali Linux dengan cepat seperti para profesional yang sudah mahir menggunakan sistem operasi ini.

Distribusi Linux juga sangat mudah untuk dikustomisasi. Hal ini membuat personalisasi pengujian penetrasi kita sedikit menakutkan. Namun hanya dengan beberapa perintah saja, kita dapat mengotomatiskan semuanya.

Jadi, ketika kalian selesai menginstall Kali Linux, ada baiknya kalian mengikuti perintah yang ada dibawah, hal ini menurut pengalaman saya sendiri ketika saya menggunakan Kali linux.

Hal-hal yang harus dilakukan setelah install Kali Linux

1. Mengganti Repository Kali Linux

Fungsi repository adalah installasi software atau kumpulan paket software/aplikasi yang dikumpulkan di satu tempat media. Kali Linux sudah menyediakan 2 repository dari web resminya.
Untuk menambahkan repository pada Kali Linux, anda bisa menggunakan perintah ini pada terminal:
root@kali:~# leafpad /etc/apt/sources.list

Setelah terbuka text editor, copykan repository di bawah ini:

deb https://http.kali.org/kali kali-rolling main non-free contrib
# deb-src https://http.kali.org/kali kali-rolling main non-free contrib

 

2. Update & Upgrade

Update dan Upgrade berfungsi untuk memperbarui software atau aplikasi yang ada versi terbarunya dan juga untuk menambahkan aplikasi yang telah dirilis oleh Kali Linux. Untuk update dan upgrade anda bisa menggunakan perintah seperti dibawah ini.
root@kali:~# apt-get update && upgrade

 

3. Install Driver Sound

Biasanya, pada saat kita menginstall Kali Linux, driver sound sudah otomatis terinstall, tapi dalam beberapa kasus, saya pernah mengalami kejadian ini, suara tidak keluar. Jika kalian mengatasi masalah ini juga, kalian bisa menggunakan perintah dibawah ini:
root@kali:~# apt-get install alsa-utils -y

 

4. Install Archive Manager

Archive Manager berfungsi untuk membuka file berformat .zip .tar .gz dll. Sama halnya seperti winrar di Windows, Archive Manager juga bisa mengextract sebuah file. Untuk menginstallnya kalian bisa menggunakan perintah di bawah ini.
root@kali:~# apt-get install unrar unace rar unrar p7zip zip unzip p7zip-full p7zip-rar 
file-roller -y

 

5. Install Wine

Wina berfungsi untuk menjalankan aplikasi windows di linux, jika anda baru migrasi dari windows ke linux, pasti kebiasaan lama kalian menggunakan software windows susah dihilangkan, bukan? Memang banyak software windows yang menjadi favorit orang-orang sehingga membuat kita untuk kembali menggunakan windows. Wine sangat berguna jika kalian ingin menjalankan software windows yang menurut kalian masih sulit untuk ditinggal atau belum dapat penggantinya di linux. Gunakan perintah di bawah ini untuk mengginstall wine.
root@kali:~# apt-get install wine

 

6. Install Flash

Setelah anda menginstall linux di komputer, tentunya anda akan memerlukan instalasi aplikasi dan tool pendukung lainnya. Salah satu hal yang cukup penting adalah instalasi flash player. Flash player sendiri adalah plugin yang dibuat oleh Adobe dan memiliki fungsi untuk menjalankan file multimedia pada browser seperti video pada Youtube atau website dengan file flash. Gunakan perintah dibawah ini untuk menginstall Flash
root@kali:~# apt-get install flashplugin-nonfree && update-flashplugin-nonfree --install

Menurut saya  itu adalah beberapa hal yang cukup penting untuk dilakukan setelah kalian berhasil menginstall Kali Linux. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang baru menggunakan sistem operasi Linux.

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close