Internet

3 Tools untuk Mengecek Ranking Website di Google

3 Tools untuk Cek Ranking Website atau Blog di Google

3 Tools untuk Mengecek Ranking Website – Halo sahabat iltekkomputer, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengecek ranking website atau blog di Google. Nah disini kita akan menggunakan 3 tools yang bisa digunakan untuk cek ranking website di Google.

Sebagai pemilik website, anda pasti berharap web yang anda buat bisa menempati peringkat teratas di Google. Google saat ini menjadi search engine terbesar yang banyak digunakan untuk mencari suatu informasi. Jika website anda berada di posisi teratas, pasti banyak keuntungan yang bisa kalian dapat. Mulai dari peningkatan traffic ataupun yang lainnya.

Untuk mengetahui seberapa besar ranking kita pada search engine, anda bisa cek ranking website anda di Google. Biasanya, pemiliki website melakukan secara manual yaitu dengan memasukkan sebuah keyword di search engine Google dan berharap melihat website nya ada di hasil pencarian. Cara ini sebenarnya kurang akurat karena hasil yang ditampilkan Google bisa terpengaruh oleh faktor lokasi dan history anda sebelumnya. Nah untuk itu, kita akan mengecek ranking website menggunakan sebuah tools. Berikut 3 tools untuk mengecek ranking website.

3 Tools untuk Mengecek Ranking Website

1. Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang dikembangkan sendiri oleh Google. tools ini menyediakan sejumlah informasi penting yang sangat berguna bagi pemilik website, contohnya seperti:

  • Keyword yang terindex di dalam suatu website
  • Jumlah klik yang dihasilkan oleh web
  • Trend metrik selama periode tertentu.

Untuk melihat ranking website di Google Search Console, kamu bisa membuka dashboard performance. Di dalamnya, anda akan melihat total klik, total impressions, rata-rata CTR (Click Through Rate), dan posisi rata-rata website anda.

2. Ahrefs

Ahrefs memungkinkan anda untuk mengecek ranking website melalui desktop atau perangkat seluler (smartphone) di 170 negara. Alat ini mudah digunakan serta memiliki berbagai fitur yang bisa bekerja dengan sangat baik. Anda tinggal memasukkan domain ke dalam kotak pencarian yang disediakan, dan tools akan bekerja secara otomatis melakukan analisis. Ahrefs akan menampilkan peringkat keyword web yang anda targetkan, volume pencarian, keyword density, dan lain-lain.

3. SEMRush

SEMRush adalah tools yang bisa memberi banyak informasi tentang performa website anda. Anda dapat mengecek peringkat website, riset keyword, analisis backlink, memonitor perubahan algoritma, dan masih banyak lagi. Untuk cek ranking website, anda bisa memilih fitur SEO Toolkit dan memilih menu Position Tracking. SEMRush juga akan menampilkan posisi website berdasarkan keyword yang anda targetkan.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close