InternetTips

3 Alasan Mengapa Website Anda Sulit Dicari Pada Pencarian Google

Penyebab website atau blog susah ditemukan di pencarian Google

Pernahkah anda mengalami kenapa website atau blog anda tidak tampak pada Search Engine Google atau ada, tapi sangat susah dicarinya. Mungkin untuk kalian yang masih pemula dalam blogging kalian selalu bertanya-tanya “Kenapa ya kok blog saya tidak ada di mesin pencarian Google, padahal artikel yang saya buat sudah lumayan banyak dan blog saya juga usianya sudah lama, tapi tetep aja blog saya sepi”.

Alasan website sulit ditemukan di Search Engine Google

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi website atau blog anda untuk muncul, biasanya jika anda mencari tentang “cara membuat website agar berada di halaman Google” di mesin pencari Google, pasti kebanyakan website akan membahas “blognya sudah didaftarkan ke Google web master belum?”, “jangan lupa perhatikan SEO onpage blog”, “website atau blog harus disubmit dulu urlnya atau minta fetch as google dihalaman Google webmaster”. Template juga mempengaruhi website anda untuk muncul dihalaman Google, template tersebut tentu harus responsive, friendly, dan mudah bagi pengunjung. Selain template yang digunakan ramah pada search engine (seo friendly) masih ada beberapa hal lagi yang harus anda lakukan.

Faktor diatas memang salah satu cara untuk menampilkan blog kita pada Search Engine Google karena kita memberitahukan informasi website kita kepada Google Webmaster. Tapi disini, saya ingin membuat artikel yang berbeda dari faktor diatas, dimana mungkin ini adalah kesalahan blogger pemula dalam membuat artikel di blog. Sebenarnya, faktor diatas memang harus dilakukan jika anda mempunyai blog atau website. Karena Google akan segera mengetahui detail dari isi website anda dan segera menampilkannya di halaman pencarinya. Tapi ada hal lain yang harus anda lakukan jika website anda ingin berada diposisi atas pada pencarian Google.

Salah satu alasan jika kita mendapatkan banyak pengunjung adalah berkat hasil dari pencarian Google, nah supaya blog lebih gampang muncul maka ada beberapa hal yang harus anda terapkan sebagai seorang blogger.

Penyebab blog anda susah dicari pada halaman Google

Jika memang website anda sangat susah untuk ditemukan pada pencarian Google, ada beberapa faktor lain yang perlu anda perhatikan dan mungkin harus anda terapkan.

1. Kata Kunci dan Judul Blog yang salah

Banyak website yang mempunyai kekuatan SEO yang tingkat tinggi sehingga bagi blog baru tidak bisa terlalu harap untuk blognya muncul secara cepat. Sebuah blog bisa dicari pada hasil pencarian Google yang ditempatkan pada halaman pertama, berarti blog tersebut sudah diindex yang berarti bahwa blog itu sudah dikenal oleh mesin pencari, judul postingan dan isi artikel efektif dan relevan dengan kata pencarian yang diketikan oleh pengunjung.

Kesalahan yang sering sekali diperbuat oleh blogger pemula adalah mereka membuat judul menggunakan Short Tail Keyword (judul yang pendek yang terdiri dari beberapa kata saja) dan menggunakan judul yang bukan dari hasil riset (research) keyword. Dampaknya, judul yang di buat tidak pernah ada karena tidak ada orang yang mencari atau mengetikan tentang judul tersebut.

Jika artikel atau postingan anda tidak ditemukan pada halaman pencarian Google, anda harus menggunakan judul artikel dengan Long Tail Keyword (judul yang sedikit panjang) dan gunakan judul tersebut sesuai dengan riset keyword. Untuk riset keyword, akan saya buat artikelnya terpisah dengan ini.

2. Judul Artikel tidak Intelligent

Jangan membuat postingan dengan Judul ini dan buat kata kunci nya itu misalnya, karena pada saat muncul dihalaman Google bukan kata kunci yang ditargetkan pada judul, usahakan untuk membuat judul postingan yang lebih Intelligent (cerdas), tidak hanya hasil dari riset saja.

Kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini, Iltekkomputer pernah membuat artikel tentang cara mempercepat koneksi internet dengan mengganti dns, harusnya judul artikel yang diberikan harus sesuai jangan langsung kata kunci yang dimasukkan tapi tambahkan kata didepannya dan dibelakang (akhir), sehingga hasil artikel akan muncul di mesin pencari Google.

jangan langsung masukkan keyword

Terlihat pada gambar diatas bahwa judul yang dibuat tidak langsung mengarah pada kata kunci tapi ada tambahan beberapa kata didepan dan di akhir judul, hal ini akan lebih terlihat Intelligent.

3. Artikel yang singkat

Apakah anda membuat postingan atau artikel dengan isi nya yang singkat? Jika iya, sebaiknya anda jangan melakukan ini lagi, karena hal ini memengaruhi blog anda susah ditemukan pada halaman pencarian Google.

Seiring berjalannya waktu, SEO (Search Engine Optimization) dan algoritma Google akan terus berkembang, yang perlu diperhatikan dalam SEO adalah jumlah kata pada artikel, semakin banyak anda buat artikel dengan kata yang berlimpah, semakin banyak pula peluang yang anda miliki untuk menemukan blog anda pada halaman Google.

Biasanya yang dilakukan oleh blogger pemula adalah jumlah kata dalam artikel yang mereka buat tidak banyak mungkin sekitaran kurang dari 200 kata, dampaknya blog jadi susah bersaing dengan blog lain dan susah ditemukan pada mesin pencari Google. Jika ingin blog anda dikenal oleh mesin pencari seperti Google, jangan lupa untuk mengisi artikel dengan minimal 800 kata per-artikel.

Tapi, saya sarankan untuk membuat postingan dengan kata lebih dari 1000 kata, karena hal ini akan dianggap bagus oleh mesin pencari, semakin banyak kata pada isi artikel, semakin bagus pula blog anda dimata mesin mencari.


Jadi itulah 3 Alasan Website atau Blog anda tidak bisa ditemukan di mesin pencari atau halaman Google. Silahkan perbaiki masalah anda, dan semoga blog anda bisa dan cepat ditemukan pada halaman teratas Google.

Tags

Brian Harris

Seseorang yang tertarik dengan Dunia IT terutama di bidang Web Programming dan ingin menjadi Full-stack Developer.

Related Articles

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close